BolaSkor.com - Liverpool saat ini sebagai klub tengah merasakan periode menikmati hasil dari kerja keras selama bertahun-tahun, melalui proses perencanaan jangka panjang yang sudah dibangun lama.

Dalam enam tahun terakhir kepercayaan The Reds dengan Jurgen Klopp, Liverpool kembali ke habitatnya sebagai favorit juara liga dan di era Klopp sudah memenangi dua titel prestisius: Liga Champions dan Premier League.

Klopp jadi sosok pertama yang mengakhiri penantian 30 tahun titel liga Liverpool. Klub Merseyside Merah kini selalu jadi favorit juara tiap musimnya bersama Manchester - tapi bukan Manchester United - melainkan Manchester City.

Di kala klub terus menjaga rasa lapar akan kesuksesan, menjalani bursa transfer dengan kebijakan moneyball (membeli pemain murah dengan kualitas bagus melalui sistem pemandu bakat bagus), perusahaan pemilik klub FSG (Fenway Sports Group) juga terus mengembangkan Liverpool.

Baca Juga:

Maaf Cristiano Ronaldo, Penghargaan Bulan Ini untuk Mohamed Salah

Liverpool Berikan Kontrak Profesional kepada Wonderkid 17 Tahun

Jurgen Klopp Tuturkan Legenda Liverpool yang Ingin Dilatihnya

FSG dan Jurgen Klopp

Dari kacamata pemilik klub aspek yang dikembangkan adalah infrastruktur, investasi kepada pemain, serta banyak hal lainnya. Oktober ini jadi penanda 11 tahun FSG membeli Liverpool dan juga jadi bulan ketika Klopp datang pada 2015.

Segalanya sudah banyak berubah sejak FSG menjalankan rencana dan merekrut Klopp, memberinya kepercayaan melatih sampai saat ini. Salah satu hasil kerja yang terlihat dari visi dan hasrat FSG mengembangkan klub adalah Pusat Latihan Kirkby.

Pusat Latihan Kirkby

Berlokasi di pinggiran kota, Pusat Latihan Kirkby merupakan fasilitas pelatihan baru untuk Liverpool setelah mereka pindah dari Pusat Latihan Melwood yang bersejarah. Perpindahan sudah terjadi sejak November lalu, tapi semua itu tertunda karena pandemi virus corona.

Tempat latihan baru itu dibangun dengan mahar 50 juta poundsterling. Di sana Klopp menyebutnya "Pusat dari sepak bola Scouse" karena di tempat tersebut tim akademi dan juga tim utama bersatu.

Pemilihan tempat Kirkby juga mewakili Liverpool karena jauh dari keramaian, merepresentasikan nilai-nilai kerja keras dan bersahaja. Kirkby merupakan area tempat asal Liverpool dikenal sebagai kelas pekerja.

Di sanalah momen bersejarah pernah tercipta kala Phil Thompson, legenda Liverpool membawa trofi Piala Eropa (Liga Champions) ke The Falcon (bar setempat) pada 1981.

Dalam perjalanan menuju Kirkby melalui M57 (jalan tol) biasanya ramai oleh truk menuju area industri. Dan di pusat latihan baru itu lokasinya tidak jauh dari rumah Klopp yang ada di area Formby, Utara dari Liverpool.

"Dari Formby ini cukup sama (rutenya), satu sama lainnya," cerita Klopp kepada FourFourTwo.

Pindah dari Melwood ke Kirkby juga butuh adaptasi selayaknya pemain baru datang ke klub. Tantangan itu juga dirasakan Liverpool pada 2020 dari kesalahan beberapa staf dan pemain yang masih datang ke Melwood, hingga adaptasi di Kirkby.

“Itu terjadi di awal, jelas sekali atau dua kali – (tetapi) kami (Liverpool) beradaptasi dengan baik!” tambah Klopp.

"Kami duduk di sini - dalam enam, tujuh bulan kami berada di sini - selama tiga atau empat bulan dengan mantel musim dingin karena kami harus membuka semua pintu (untuk ventilasi) dan itu cukup dingin!." Kirkby memang terkenal sebagai tempat paling berangin di Merseyside

Fasilitas yang ada di sana ada dua gym, satu aula indoor berukuran besar, kolam renang, hydrotherapy, pusat rehabilitasi, hingga tiga lapangan besar untuk berlatih. Di dalamnya juga ada lapangan tenis padel dan area voli pantai.

“Itulah satu hal yang saya inginkan jika saya memiliki mesin waktu, kembali dan mainkan permainan yang saya mainkan dengan bola, lemparan, dan sepatu bot yang kita miliki hari ini karena 20-25 tahun yang lalu itu benar-benar berbeda dan lihat saja bagaimana sepak bola saya akan terlihat kemudian," tutur Klopp.

“Saya tidak yakin itu akan meningkat banyak tetapi setidaknya sedikit sehingga kami memiliki keadaan yang sempurna di sini.”

Mengenang enam tahun sejak Klopp datang melatih Liverpool pada Oktober 2015 menggantikan Brendan Rodgers, serta 11 tahun kedatangan FSG, Liverpool dihadapkan pada tantangan besar untuk menjaga kesuksesan.

"Saya sepenuhnya di sini. Saya penuh energi dan saya ingin pergi sejauh mungkin dan mari kita lihat di mana kami bisa berakhir," ucap Klopp.

Adanya Kirkby dengan peningkatan fasilitas dan komitmen dari FSG, Klopp memberikan pesan tegas. "Kirkby tidak pernah akan jadi alasan untuk kekalahan apapun dari kami di masa depan."