BolaSkor.com - Fase gugur Liga Champions 2018-2019 bakal segera bergulir. Menjelang 16 besar berlangsung, tim-tim LaLiga diprediksi bakal melanjutkan dominasi.

Juara Liga Champions terakhir merupakan klub-klub LaLiga. Tepatnya hanya dua klub yang memenangi ajang paling bergengsi di Eropa tersebut.

Kedua klub yang dimaksud adalah Barcelona dan Real Madrid. Dari keduanya, Blaugrana satu kali meraih trofi Liga Champions, sementara Los Blancos memenanginya pada empat kesempatan.

Selain kedua tim tersebut, Atletico Madrid juga beberapa kali maju hingga laga puncak. Los Rojiblancos dua kali melaju ke final, pada 2013-2014 dan 2015-2016.

Baca Juga:

Real Madrid Lumat Atletico, Sergio Ramos Pecahkan Dua Rekor Sekaligus

Barcelona akan Persiapkan Pesta Perpisahan untuk Lionel Messi

Trofi Liga Champions

Sementara itu, praktis hanya ada dua tim non LaLiga yang melaju ke final Liga Champions dalam lima musim terakhir. Kedua tim itu adalah Juventus dan Liverpool.

Juventus dua kali berlaga di partai puncak Liga Champions, pada musim 2014-2015 dan 2016-2017. Sedangkan Liverpool takluk dari Real Madrid pada 2017-2018.

Menjelang duel 16 besar Liga Champions 2018-2019, seberapa besar peluang klub LaLiga mempertahankan dominasi di Liga Champions? Berikut ini adalah ulasannya.

Barcelona

Barcelona

Pada awal musim 2018-2019, Barcelona membuktikan tidak bergantung kepada Lionel Messi. Buktinya, Blaugrana bisa menang 5-1 kontra Real Madrid pada El Clasico tanpa Messi.

Sayangnya, Barcelona justru menunjukkaan Messidepedencia dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu sekaligus menegaskan, mereka bagai tim berbeda ketika Messi bermain.

Apabila Messi bisa selalu dalam kondisi fit, Barcelona merupakan unggulan memenangi Liga Champions musim ini. Andai benar, Blaugrana merupakan unggulan mempertahankan dominasi LaLiga.

Peluang Barcelona memenangi Liga Champions: 80 persen