Mengulas Kekuatan Borussia Dortmund di Musim 2019-20 dengan 3 Pemain Anyar

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 23 Mei 2019
Mengulas Kekuatan Borussia Dortmund di Musim 2019-20 dengan 3 Pemain Anyar
Julian Brandt dan Marco Reus (Twitter)

BolaSkor.com – Borussia Dortmund seolah ingin memperlihatkan kepada rival mereka di Jerman, Bayern Munchen, bahwa mereka akan tetap jadi ancaman nyata untuk persaingan titel di musim 2019-20. Bagaimana tidak, Dortmund langsung merekrut tiga pemain top di awal bursa transfer musim panas.

Die Borussen menerjang prediksi bahwa bursa transfer pada awalnya akan didominasi oleh tim-tim sekaliber: Real Madrid, Manchester United, Barcelona, dan Juventus. Nyatanya, Michael Zorc, Direktur Olahraga Dortmund, bergerak ‘di balik kesenyapan’ untuk memuaskan Lucien Favre, pelatih Dortmund.

Runner-up Bundesliga 2018-19 sukses merekrut Nico Schulz, Thorgan Hazard, dan Julian Brandt. Tiga pemain yang tenar di Jerman, punya caps dengan timnas Jerman (kecuali Hazard), bertalenta, usia relatif muda dan produktif. Dortmund dinilai belanja pemain dengan efektif.

Usai menjual Christian Pulisic ke Chelsea sejak Januari 2019 sebesar 64 juta euro, Dortmund hanya perlu menambahkan 13 juta euro untuk merekrut ketiga pemain itu dengan harga total 77 juta euro. Hazard dan Brandt masing-masing punya harga 25 juta euro, Schulz diyakini punya banderol 27 juta euro.

Baca Juga:

Rekrut 3 Pemain Top di Jerman, Borussia Dortmund Curi Start di Bursa Transfer

Kenakan Jersey Chelsea, Christian Pulisic Tak Mau Dibandingkan dengan Eden Hazard

Borussia Dortmund Jadi Klub dengan Rataan Penonton Terbanyak di Stadion Sejak 2013

Christian Pulisic

Dengan hanya 77 juta euro Dortmund belanja efisien tiga pemain (bukan harga satu orang pemain) berpengalaman dan berkualitas.

“Borussia Dortmund terjun terlebih dahulu di bursa transfer untuk menantang Bayern Munchen. Klub telah memperkuat amunisi dengan tiga bintang dari rival-rival di Bundesliga,” demikian tulis DW dalam artikelnya.

Unik memang, biasanya Bayern yang ‘hobi’ merekrut talenta dari klub-klub rival di Jerman lainnya, kini mereka kalah start dari Dortmund. Meski nyatanya, Bayern juga telah memastikan servis dua pemain asal Prancis untuk lini belakang: Lucas Hernandez dan Benjamin Pavard.

Membayangkan Dortmund sekarang ini saja, dengan potensi kekuatan mereka di musim 2019-20, sudah cukup mengerikan, khususnya di lini depan. Dalam taktik andalan 4-2-3-1 Lucien Favre, Dortmund memiliki kuartet lini depan yang berisikan: Brandt, Hazard, Jadon Sancho, dan Marco Reus.

Sekedar informasi tambahan, Dortmund kini punya tiga pemberi assists terbanyak di Bundesliga 2018-19. Total di seluruh kompetisi, Sancho menorehkan 13 gol dan 19 assists, sementara Hazard mencetak 13 gol dan memberi 12 assists, lalu Brandt dengan catatan 10 gol dan 17 assists.

Ketiganya ada di antara Joshua Kimmich (13 assists) dan Filip Kostic (10 assists) dalam daftar pemberi assists terbanyak Bundesliga.

Lantas, bagaimana gambaran kekuatan Dortmund musim depan dengan keberadaan tiga pemain anyar tersebut?

Breaking News Dortmund Borussia Dortmund Hazard Julian Brandt Trivia Sepak Bola Lucien Favre
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan