Mengulik Lebih Dalam Keputusan Griezmann Tinggalkan Atletico

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 16 Mei 2019
Mengulik Lebih Dalam Keputusan Griezmann Tinggalkan Atletico
Antoine Griezmann (zimbio)

BolaSkor.com - Antoine Griezmann mengucapkan selamat tinggal kepada Diego Godin pada hari Minggu. Selang tiga hari kemudian, Griezmann mengucapkan perpisahan kepada rekan-rekannya yang lain.

Setahun setelah memperbarui kontrak, setelah menolak kesempatan gabung Barcelona, Griezmann mengumumkan akan mengikuti jejak Godin meninggalkan Atletico Madrid akhir musim.

Baca Juga:

Wonderkid Portugal Bikin Atletico Madrid Ingin Jual Griezmann ke Barcelona

Presiden Barcelona Buka Suara soal Isu Transfer Antoine Griezmann

Griezmann

Godin sudah terlebih dulu mengucapkan kata perpisahan kepada rekan setim dan suporter. Sang kapten akan melanjutkan petualangannya di Serie A bersama Inter Milan musim depan.

Sedangkan Griezmann, belum jelas akan berlabuh di klub mana musim depan. Meski memang gencar dikabarkan penyerang Prancis ini akan mendarat ke Barcelona, klub yang musim lalu ditampiknya.

Kata pisah dari Griezmann terucap setelah bertemu dengan CEO Miguel Angel Gil Marin, pelatih Diego Simeone, dan Direktur Olahraga Andrea Berta. Pada pertemuan itu, Griezmann menginformasikan jika dirinya memutuskan tidak ingin bertahan.

Pada 1 Juli mendatang, dilansir The Guardian, nilai buyout clause Griezmann turun dari 200 juta euro menjadi 120 juta euro. Kondisi ini membuat klub tak bisa lagi menahan keinginan hengkang Griezmann lebih lama.

Pasalnya jika mencoba menahan lebih lama, Atletico akan menerima dana yang jauh lebih kecil, selisih 80 juta euro bukanlah angka sedikit. Apalagi dari nilai klausul tersebut, 20 persen merupakan jatah Real Sociedad, klub lama Griezmann.

Bagi Atletico dan suporter klub, situasi ini sangat sulit. Tanda tanya besar tentang nasib Atletico pun mengapung. Tidak sedikit yang memprediksi, hengkangnya Griezmann akan menjadi pemicu terjadinya eksodus pemain.

Dengan ditambah Griezmann, Atletico kini sudah kehilangan tiga pemain pilar. Sebelumnya Godin yang pindah ke Inter Milan dan Lucas Hernandez, yang sudah meneken kontrak dengan Bayern Munchen.

Efek Domino Godin

Musim panas lalu, Griezmann setuju untuk lebih memilih melanjutkan karier di Atletico ketimbang bergabung dengan Barcelona. Kala itu, klausul pembelian Griezmann masih senilai 100 juta euro.

Sebelumnya, Griezmann disebut sudah memiliki kesepakatan dengan klub. Jika Barcelona menyanggupi nilai klausul, klub akan melepasnya. Tapi, entah kenapa, Griezmann membatalkan kesepakatan dan memilih untuk menandatangani kontrak baru hingga 2023 dengan Atletico.

Diego Godin
Diego Godin (zimbio)

Prosen dan pengumuman keputusan ini bahkan dibuatkan sebuah dokumenter spesial yang diberi titel "The Decision". Namun jika dilihat lebih dalam, Atletico sejatinya tidak berhasil sepenuhnya menahan Griezmann.

Pasalnya, dalam kontrak baru itulah kesepakatan penurunan nilai klausul pembelian dari 200 juta euro ke 120 juta euro diselipkan. Artinya, Griezmann masih membuka pintu peluang dirinya hengkang meski menandatangani kontrak baru.

Bahkan dalam tulisannya, kolomnis Sid Lowe mengungkap, pada pertengahan musim lalu, kubu Griezmann sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa klub besar Eropa, termasuk Barcelona dan Paris Saint-Germain. Jadi, Griezmann sejatinya sudah tahu klub mana yang akan dibelanya musim depan.

LaLiga Atletico Madrid Antoine Griezmann
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan