Mengulik Sejarah Duel Juventus Vs Inter Sehingga Disebut Derbi d'Italia

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 31 Maret 2022
Mengulik Sejarah Duel Juventus Vs Inter Sehingga Disebut Derbi d'Italia

BolaSkor.com - Juventus akan menjamu Inter Milan pada pertandingan pekan ke-31 Serie A 2021-2022, di Stadion Allianz, Senin (4/4). Duel dua tim tersebut lazim disebut Derbi d'Italia. Lantas, apa yang menjadi latar pertandingan Juve versus Inter sehingga disebut Derbi d'Italia.

Penamaan Derbi d'Italia untuk pertandingan Inter melawan Juve sejatinya sudah janggal. Sebab, Inter dan Juventus tidak berada dalam satu kota yang sama sebagai satu di antara syarat laga disebut derbi.

Contohnya, di Italia Ada Derbi della Madonnina yang mempertemukan dua klub asal Milano, AC Milan dan Inter Milan. Sementara itu, dari Inggris, ada Derbi Manchester yang diambil sebagai nama duel Manchester United kontra Manchester City.

Baca Juga:

Matthias Ginter Bantah Rumor ke Bayern Munchen, Harapan untuk Inter Milan

Inter Kesulitan Capai Kesepakatan, Milan Semakin Bernafsu Boyong Scamacca

Pindah ke Inter Milan Bukan Prioritas Dybala

Sementara itu, untuk duel tim beda kota, biasanya ada nama lain yang tidak menggunakan kata derbi. Contohnya adalah El Clasico yang menjadi penamaan untuk laga Real Madrid melawan Barcelona.

Rupanya, Derbi d'Italia sudah mulai digaungkan sejak 1967. Jurnalis olahraga, Gianni Brera, menjadi orang yang mencetuskan Derbi d'Italia sebagai nama duel Inter melawan Juve.

Sang jurnalis bukannya tanpa alasan. Sebab, kedua klub berada di wilayah yang sama yakni Italia Barat Laut.

Selain itu, duel Inter melawan Juventus juga dibumbui persaingan politik. Wilayah Piedmont dan Lombardy yang masing-masing mewakili Inter dan Juve dipimpin oleh orang yang berseberangan dalam hal politik.

Alasan lainnya adalah prestasi kedua tim. Juventus dan Inter dianggap sebagai dua tim terbaik yang dimiliki Italia. Apalagi, persaingan keduanya lebih panas dibanding Juventus versus Milan. Selain itu, kasus Calciopoli semakin menambah tensi hubungan kedua tim.

Memang, beberapa tahun belakangan mencuat pertanyaan apakah pertandingan Juventus melawan Inter masih layak disebut Derbi d'Italia karena satu di antara klub pernah turun kasta ke Serie B.

Namun, tak bisa dimungkiri jika Derbi d'Italia tidak pernah kehilangan tajinya. Apalagi, kali ini kedua tim berada dalam posisi yang sangat dekat.

Inter Milan Juventus Serie a Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.299

Bagikan