Mengulik Statistik di Balik Sukses Persija Jadi Kampiun Liga 1

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 12 Desember 2018
Mengulik Statistik di Balik Sukses Persija Jadi Kampiun Liga 1
Persija Jakarta (BolaSkor.com/Muhammad Adiyaksa)

BolaSkor.com - Setelah menunggu selama 17 tahun, Persija Jakarta akhirnya berhasil kembali merasakan menjadi kampiun. Kini Macan Kemayoran sudah mengoleksi 11 trofi simbol klub terbaik di kasta tertinggi kompetisi di Tanah Air.

Sempat tersendat di awal musim, Persija mampu bangkit dan merangsek hingga ke puncak klasemen di akhir musim Liga 1 2018. Sebagai catatan, Persija hanya dua kali berada di puncak klasemen musim ini, yaitu pada dua pekan terakhir.

Baca Juga:

5 Pemain yang Berpotensi Direkrut Persija untuk Liga 1 2019

Sandro Tonali: Rising Star Italia, Titisan Pirlo, dan Pengagum Gattuso

Persija Jakarta

Sukses Persija menjadi kampiun tentu tidak lepas dari performa skuat asuhan Stefano Cugurra Teco. Performa apik yang tercermin dari catatan statistik sepanjang kompetisi.

Salah satu data yang menjadi salah satu kunci penting adalah pencapaian Persija saat bermain di luar kandang. Ya, pada musim ini Persija adalah tim yang mengumpulkan poin tandang terbanyak dengan 25 dari 62 poin yang tersedia. Hasil ini dicapai dari tujuh kemenangan dan empat kali imbang.

Dari sisi produktivitas gol, Persija juga mumpuni. Mario Simic dkk mencatat selisih gol +17 yang merupakan yang terbaik di Liga 1 2018.

Namun tentu saja, faktor yang paling kentara berkontribusi besar dalam sukses Persija menjadi juara adalah kokohnya lini pertahanan. Persija hanya kebobolan 36 gol. Catatan itu dilengkapi dengan 34 kali tak kebobolan alias clean sheet, yang merupakan terbanyak di Liga 1 2018.

Catatan di atas berhubungan langsung dengan persentase penyelamatan Persija yang mencapai 75,5 persen. Sekali lagi, ini merupakan catatan tertinggi di Liga 1.

Hebatnya, meski tangguh, pertahanan Persija termasuk bersih. Mereka bahkan menjadi satu-satunya tim yang tidak menerima kartu merah sepanjang musim.

Untuk urusan membuat gol, Macan Kemayoran merupakan tim yang merata dalam distribusi pencetak gol. Tercatat ada 16 pemain yang ikut menyumbang gol Persija. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di Liga 1 bersama Persebaya Surabaya.

Yang menarik, raihan poin yang diraup Persija tidak lepas dari keberhasilan mereka dalam mencetak gol terlebih dulu. Dari 34 laga di Liga 1, 21 kali Persija mampu membuat gol lebih dulu.

Selain itu, 23 dari total 53 gol yang dibuat Persija lahir dari proses bola mati. Tak ada satupun klub yang melebihi catatan Persija ini.

Menilik beberapa catatan statistik di atas, di mana Persija menjadi yang terbaik, tertinggi, dan terbanyak, rasanya cukup mencerminkan sukses mereka sebagai kampiun Liga 1 2018.

Persija Liga 1 Persija jakarta
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.052

Bagikan