Menilai Pengaruh Ancaman Spaxit untuk Sepak Bola Spanyol

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 24 Desember 2019
Menilai Pengaruh Ancaman Spaxit untuk Sepak Bola Spanyol
Spanyol. (Istimewa)

BolaSkor.com - Beberapa hari lalu, kehebohan terjadi di Pengadilan Besar Uni Eropa (ECJ) yang berlangsung di Brussel, Belgia. Penyebabnya karena Spanyol mengancam bakal keluar dari Uni Eropa.

Cerita bermula ketika ECJ membebaskan politisi asal Catalunya, Oriol Junqueras. Junqueras merupakan pemimpin kaum separatis Catalunya dari Spanyol.

Rupanya, pada Kamis silam kaum separatis Catalunya mengajukan pengadilan ke tingkat ECJ untuk membebaskan Oriol Junqueras. Ternyata ECJ memberikan imunitas kepada Junqueras.

Padahal, seharusnya Oriol Junqueras menerima hukuman berdurasi 13 tahun karena memimpin kaum separatis Catalunya. Namun, ECJ membebaskan Junqueras dari hukuman tersebut.

Baca Juga:

Zinedine Zidane Minta Real Madrid Beri Kesabaran

Barcelona 4-1 Alaves: Azulgrana Tutup 2019 di Puncak

Uni Eropa

Selain Oriol Junqueras, terdapat sembilan pemimpin kaum separatis Catalunya yang dibebaskan oleh ECJ. Parahnya, Parlemen Uni Eropa melantik Oriol Junqueras sebagai MEP pada Mei silam.

Rangkaian kejaidan tersebut membuat Pemerintah Spanyol naik pitam. Mereka menilai Oriol Junqueras tidak berhak mendapat jabatan MEP di Parlemen Uni Eropa.

Pemerintah Spanyol beralasan Oriol Junqueras tidak memiliki kualifikasi terhadap jabatan MEP. Pasalnya, Junqueras tidak mengungkap sumpah untuk konstitusi Spanyol.

Alhasil, pemerintah Spanyol merasa kesal dengan keputusan Parlemen Uni Eropa tersebut. Opsi keluar dari Uni Eropa sebagaimana Inggris Raya pun mulai terdengar.

Di media sosial, terdapat tanda pagar Spaxit (Spain Exit) sebagaimana Brexit mengiringi Inggris Raya beberapa tahun lalu. Presiden Partai Vox, Santiago Abascal, sudah mengkritik keputusan ECJ.

Lantas, bagaimana pengaruh Spaxit untuk sepak bola Spanyol ke depan? Berikut ini adalah analisis pengaruh rencana Spanyol ke luar dari Uni Eropa:

Spanyol Timnas Spanyol Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan