BolaSkor.com - Fans Manchester City bak berada di langit ketujuh. Usai memastikan gelar Premier League, klub menatap musim baru dengan positif seiring kehadiran dua penyerang anyar yang akan mulai bermain pada musim 2022-2023.

Dua penyerang itu adalah Julian Alvarez dan Erling Haaland. Manchester City pun kini memiliki penyerang pengganti Sergio Aguero dan memastikan punya tiga penyerang - plus Gabriel Jesus. Di antara mereka Haaland paling menyita perhatian.

City menebus klausul pembeliannya seharga 51,2 juta poundsterling. Haaland juga mendapatkan banyak sorotan karena kualitasnya dalam mencetak gol serta potensi jadi penyerang top Eropa.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Premier League: Man City Juara, Arsenal dan Man United Main di Liga Europa

Mo Salah Kalah dari De Bruyne dalam Perebutan Pemain Terbaik Premier League

Respons Balik, Evra Sebut Guardiola Menang Liga Champions karena Punya Lionel Messi

Kepastian itu menambah barisan penyerang yang pernah direkrut dan dilatih oleh Pep Guardiola. Bagaimana performa mereka di bawah sang pelatih? Berikut penjabaran dari BolaSkor:

1. Zlatan Ibrahimovic

Memainkan 46 laga dengan torehan 22 gol di bawah asuhan Guardiola. Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona selepas Barca meraih treble winners dan jadi pengganti Samuel Eto'o yang pergi ke Inter Milan.

Ibrahimovic menjadi seorang Ibrahimovic dengan gol-golnya serta kekuatan fisik yang diberikannya. Tapi egonya tak terbendung khususnya karena Guardiola menganakemaskan Lionel Messi.

Terlebih friksi juga terjadi antara Ibrahimovic dan Guardiola. Ibrahimovic membela Barca pada medio 2009-2011 dan memenangi titel LaLiga, dua Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

2. Gabriel Jesus

Berkembang dengan Man City yang jadi satu-satunya klub Eropa baginya pasca pindah dari Palmeiras pada 2017. Gabriel Jesus memiliki segala yang dibutuhkan dengan tuntutan penyerang sepak bola modern.

Pada posisi bertahan Jesus membantu fase itu dengan melakukan pressing ke lawan, lalu di fase ofensif Jesus penyerang yang mencari ruang di celah pertahanan lawan dan lincah dalam bergerak.

Sejauh ini Jesus sudah mencetak 95 gol dari 236 laga dengan Guardiola. Tak diragukan lagi, Jesus berkembang di bawah arahan pelatih asal Spanyol.

3. David Villa

Punya catatan 76 laga dan torehan 32 gol bersama Guardiola di Barcelona yang dibelanya dari 2010 hingga 2013. David Villa terkenal sebagai penyerang cerdas pada eranya karena ia tidak cepat, tapi oportunis mencetak gol dan bagus dalam membaca permainan.

Dua titel LaLiga dimenangi Villa di Barcelona bersama dengan Liga Champions dan Copa del Rey. Performa bagusnya itu terjaga hingga di timnas Spanyol.

4. Robert Lewandowski

Pep Guardiola memiliki Robert Lewandowski di Bayern Munchen yang menggantikan Mario Mandzukic. Tak butuh waktu lama bagi Lewandowski mendulang gol di Bayern besutan Guardiola dengan kualitas yang dimilikinya.

Lewandowski target man handal dengan kemampuan menyelesaikan peluang selayaknya penyerang nomor 9, secara teknik Lewandowski juga bagus dan ia mencetak 67 gol dari 100 laga dengan Guardiola.

5. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez ke Barcelona pada 2011 dan ia pemain serba bisa yang dapat bermain di sisi sayap, penyerang kedua, atau bahkan striker sentral. Guardiola pun memiliki kemewahan untuk bereksperimen dengan taktiknya.

Kendati hanya semusim dilatih oleh Guardiola di Barcelona, Sanchez ideal dengan filosofi sepak bola yang dimilikinya. Sanchez penyerang lincah dan di era Guardiola melesakkan 15 gol dari 41 laga.