BolaSkor.com - Akhir pekan ini akan menjadi hari yang dinanti suporter Manchester United. Di Old Trafford yang sudah dapat disambangi penonton, megabintang asal Portugal Cristiano Ronaldo berpotensi memainkan debut keduanya.

Ronaldo melengkapi transfer United arahan Ole Gunnar Solskjaer setelah merampungkan Jadon Sancho dan Raphael Varane di musim panas ini. Kembalinya Ronaldo menjadi pemberitaan besar setelah Lionel Messi gabung PSG (Paris Saint-Germain).

Kendati telah berusia 36 tahun, Ronaldo masih memiliki rasa lapar akan gelar dan siap memenangi trofi kembali di periode kedua membela Man United. Penilik lima Ballon d'Or sebelumnya membela United pada medio 2003-2009.

Baca Juga:

Jelang Debut Kedua, Cristiano Ronaldo Siap Bikin Pusing Solskjaer

Rekor Mentereng Cristiano Ronaldo di Hadapan Newcastle United

Polemik Tendangan Penalti Manchester United: Antara Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes

“Inilah mengapa saya di sini (meraih trofi). Saya di sini bukan untuk liburan. Seperti yang saya katakan, sebelumnya bagus, memenangkan hal-hal penting dan saya mengenakan seragam itu sebelum bertahun-tahun yang lalu, tetapi saya di sini untuk menang lagi," tutur Ronaldo.

“Saya mampu, saya dan rekan satu tim saya. Saya siap untuk bermain, saya siap untuk jadi juara. Ini adalah kesempatan bagus bagi saya, bagi para pendukung, bagi klub, untuk selangkah lebih maju."

"Saya siap dan saya pikir saya akan menjadi hal besar dalam tiga atau empat tahun ke depan," yakin dia.

Pertandingan melawan Newcastle United di Old Trafford pada pekan empat Premier League, Sabtu (11/09) pukul 21.00 WIB akan jadi debut kedua Ronaldo di United. Menilik debut itu mari bersama melihat debut resmi Ronaldo sebelumnya.

1. Sporting Lisbon

Sebagai produk akademi Sporting Lisbon, tidak banyak yang mengingat kapan Ronaldo memainkan debutnya untuk tim top asal Portugal itu. Debutnya di tim utama terjadi pada Agustus 2002 pada Kualifikasi Putaran Tiga Liga Champions antara Sporting melawan Inter Milan.

Kala itu berusia 17 tahun, Ronaldo bermain selama 32 menit pada laga yang berakhir imbang tanpa gol di Lisbon, lalu setelahnya menjadi pemain pengganti setelah mengesankan staf kepelatihan selama pramusim.

Ronaldo harus menanti hingga starter pertamanya di Primeira Liga melawan Moreirense dan ia mencetak dua gol. Namanya pun mulai tercium oleh pemandu bakat klub-klub top Eropa.

2. Timnas Portugal

Kini mengukir rekor top skorer sepanjang masa dan juga menjadi pemegang rekor gol terbanyak untuk timnas, melewati catatan Ali Daei (109 gol) dan Ronaldo menorehkan 111 gol. Ronaldo sudah menjadi kapten timnas, legenda, dan sukses memenangi Piala Eropa serta UEFA Nations League.

Semua itu bermulai pada Agustus 2003 kala Ronaldo memainkan debutnya di Portugal melawan Kazakhstan di laga uji coba. Itu terjadi empat hari setelah debutnya dengan Manchester United. Ronaldo masuk dari bangku cadangan kontra Kazakhstan dan kini sudah punya 180 caps.

3. Manchester United

Sir Alex Ferguson memboyong Ronaldo dari Sporting pada 2003 ke Man United. Debutnya untuk klub berjuluk Setan Merah terjadi Agustus 2003 pada laga Premier League melawan Bolton Wanderers.

Ronaldo bermain di 29 menit terakhir laga dan berkontribusi untuk tiga gol United (United menang 4-0 atas Bolton di Old Trafford). Ferguson melabeli debutnya itu sebagai debut yang fantastis - dan kemudian setelahnya perjalanan karier Ronaldo memang fantastis.

4. Real Madrid

Setelah sukses dengan Man United, Real Madrid datang merekrutnya dengan rekor transfer dunia kala itu pada 2009 sebesar 80 juta poundsterling. Debutnya di Los Blancos terjadi pada Agustus 2009.

Ronaldo yang masih mengenakan nomor punggung 9 karena masih ada legenda Madrid, Raul Gonzalez, mencetak gol melalui penalti dan Madrid menang 3-2 atas Deportivo La Coruna di Santiago Bernabeu.

Itu mengawali gol dan kisah legendaris Ronaldo yang kemudian mencetak 451 gol dari 438 laga untuk Madrid, memenangi dua titel LaLiga dan empat trofi Liga Champions.

5. Juventus

Pada 2018 Ronaldo kembali jadi sorotan kala pindah ke Juventus dari Madrid setelah sembilan tahun lamanya di sana. Debut Ronaldo dengan Bianconeri terjadi pada Agustus 2018 di laga Serie A melawan tim yang kini sudah bubar, Chievo Verona.

Laga berakhir ketat 3-2 untuk kemenangan Juventus atas Chievo. Tapi debut Ronaldo nyaris menjadi mimpi buruk kala beberapa peluangnya dimentahkan Stefano Sorrentino, kiper Chievo, bahkan ia memberikan penalti. Untungnya Juventus menang 3-2. Ronaldo meraih dua Scudetto di Juventus.