BolaSkor.com - Everton benar-benar memanfaatkan waktu mereka dalam perburuan manajer anyar selepas memecat Rafael Benitez. Pelatih asal Spanyol dipecat pada 16 Januari 2022 setelah enam setengah bulan bekerja.

Performa Everton yang tak kunjung membaik jadi alasan pemecatan mantan pelatih Liverpool dan Real Madrid itu. Apalagi saat ia pergi The Toffees ada di urutan 15 klasemen Premier League dan terpaut enam poin dari zona degradasi.

Posisi manajer sementara ditempati legenda Everton, Duncan Ferguson, yang juga memiliki peluang jadi manajer permanen apabila mampu memberikan stabilitas bagi klub dan meyakinkan direksi.

Baca Juga:

Menilik Laga-laga Februari Liverpool dan Man City dalam Perebutan Titel Premier League

Rio Ferdinand Dukung Rooney Jadi Manajer Everton

Lucas Digne Tambah Aroma Merseyside di Aston Villa

Akan tapi Everton masih mencari manajer pengganti Benitez untuk mengarungi musim 2021-2022, serta potensi jadi manajer klub untuk ke depannya. BolaSkor.com merangkum sejumlah nama calon manajer Everton itu, berikut nama-nama tersebut:

1. Vitor Pereira

Saat ini menganggur setelah melatih Fenerbahce pada 2021. Vitor Pereira boleh saja tak memiliki pekerjaan saat ini, tetapi ia bukan pelatih kacangan karena sarat pengalaman pernah melatih Porto, Olympiakos, Fenerbahce, bahkan sampai ke Al Ahli dan Shanghai SIPG.

Pria yang pernah menjadi gelandang dulu sebagai pemain juga punya pengalaman memenangi trofi dua titel Primeira Liga dengan Porto, serta raihan titel dengan Al-Ahli, Olympiakos, dan SIPG.

Pereira bisa jadi solusi ideal bagi Everton sekaligus perjudian karena ia belum pernah melatih di Premier League.

2. Wayne Rooney

Sebagai produk akademi Everton dan sukses dengan warisan legendarisnya bersama Manchester United, Wayne Rooney selalu diterima di Everton. Saat ini pria berusia 36 tahun melatih Derby County.

Rooney memang punya peluang melatih Everton, tapi berkaca dari pengalaman Andrea Pirlo, Frank Lampard, hingga Ole Gunnar Solskjaer, merekrut Rooney juga dapat menjadi perjudian.

Mereka nama-nama yang punya nama besar kala bermain tapi belum membuktikan apapun sebagai pelatih, bahkan cenderung gagal hingga dipecat.

3. Frank Lampard

Seperti halnya Rooney, Lampard juga dikaitkan dengan Everton dan tak sedang melatih pasca dipecat Chelsea pada Januari 2021. Bedanya dengan Rooney, Lampard punya pengalaman melatih sedikit lebih baik.

Lampard (43 tahun) pernah melatih Derby County dan Chelsea. Dengan Derby ia cukup sukses karena hampir membawa klub promosi ke Premier League. Lampard juga legenda sepak bola Inggris dan juga Chelsea.

4. Roberto Martinez

Tidak asing dengan Everton karena pernah melatih klub pada medio 2013-2016. Selama tiga tahun ia mengembangkan bakat Romelu Lukaku dan John Stones serta memberikan stabilitas seperti David Moyes di Everton.

Saat ini Martinez semakin berpengalaman karena telah memasuki tahun keenamnya melatih timnas Belgia. Dia melatih nama-nama besar seperti Lukaku, Eden Hazard, dan Kevin De Bruyne.

Pengalaman itu bisa berharga bagi Everton, tapi permasalahannya Belgia takkan begitu saja melepas Martinez, apalagi mereka bersiap untuk Piala Dunia 2022.

5. Niko Kovac

Niko Kovac (50 tahun) sedang tidak melatih klub pasca meninggalkan AS Monaco tahun ini. Kovac cukup berpengalaman sebagai pelatih dengan CV-nya di timnas Kroasia, Eintracht Frankfurt, Bayern Munchen, dan Monaco.

Kovac juga merupakan mantan gelandang timnas Kroasia dan pernah bermain di Hamburg, Bayer Leverkusen, dan Munchen. Melatih di Premier League selalu jadi opsi baginya menambah pengalaman melatih.