Menilik Alasan Arsenal Rekrut Jorginho dari Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 31 Januari 2023
Menilik Alasan Arsenal Rekrut Jorginho dari Chelsea
Jorginho (Twitter)

BolaSkor.com - Kejutan seringkali terjadi jelang deadline bursa transfer pemain, baik itu pada musim panas atau yang saat ini terjadi di musim dingin. Seperti halnya Arsenal yang tiba-tiba membidik pemain dari tim rival dan sukses mendapatkannya.

Sebagaimana diinformasikan oleh Fabrizio Romano, Arsenal menjadikan gelandang Chelsea, Jorginho, sebagai alternatif jika kesulitan memboyong Moises Caicedo dari Brighton & Hove Albion. Pasalnya Brighton membanderol Caicedo mahal tidak kurang dari 70 juta poundsterling.

"Arsenal mendekati Chelsea untuk Jorginho! Sekarang jadi opsi apabila kesepakatan Caicedo tak berakhir baik dengan Brighton yang bersikeras mempertahankannya," ucap Romano.

"Chelsea, terbuka untuk menjual Jorginho tapi akan meminta uang besar untuknya pergi, enam bulan sebelum kontraknya berakhir."

Baca Juga:

5 Pemain Bintang yang Berpeluang Hengkang pada Deadline Day

Belanja Chelsea Berlanjut, The Blues Amankan Rekrutan Anyar Ketujuh

5 Fakta Menarik Mengenai Rekrutan Terbaru Chelsea, Malo Gusto

Kurang dari 24 jam setelah Romano mengabarkan berita tersebut, kesepakatan tercapai di antara Arsenal dan Chelsea pada angka 12 juta poundsterling. Jorginho pun mendarat di Arsenal dengan kontrak berdurasi setahun dengan opsi perpanjang.

"Jorginho ke Arsenal, here we go! Kesepakatan disepakati pada harga 12 juta poundsterling, Chelsea menerima kesepakatan dan dokumen sedang disiapkan," imbuh Romano.

"Kesepakatan personal tercapai, kontrak hingga 2024 dengan opsi perpanjang. Kontak pertama terjadi semalam - tes medis tengah diagendakan. (Mikel) Arteta, faktor kunci."

Alasan Arsenal Rekrut Jorginho

Kontrak Jorginho yang akan berakhir di akhir musim ini jadi salah satu alasan Chelsea melepasnya saat ini, selain itu juga usianya sudah berumur 31 tahun. Chelsea juga melepas Jorginho karena ingin memberi ruang jika mereka sukses merekrut Enzo Fernandez dari Benfica.

Sementara itu bagi Arsenal, mereka sudah pernah mengincar eks pemain Napoli tersebut. Seperti yang dituturkan Romano, Arteta mengagumi Jorginho dengan kemampuannya mengatur serangan dari lini tengah, serta pengalaman segudangnya di level klub serta timnas.

Saat masih jadi asisten pelatih Pep Guardiola, Arteta juga pernah membidik Jorginho saat ia bermain untuk Napoli dan Arteta-Guardiola di Manchester City. Bahkan Arsenal pernah mengincarnya 10 tahun lalu kala masih dilatih Arsene Wenger dan Jorginho membela Hellas Verona.

"Tinggal di sini untuk satu musim lagi hanya akan membuat saya baik," kata Jorginho kepada pers Italia pada Oktober 2013.

"Saya merasa betah di sini dan ada antusiasme yang besar di tempat ini. Dalam pertandingan melawan Parma ada pengintai dari tim seperti Arsenal dan Chelsea. Mungkin, jika saya terus bermain dengan baik, saya bisa melihat dengan tepat betapa berharganya saya."

Alhasil, datangnya Jorginho ke Arsenal saat ini bak takdir yang sudah ditentukan. Pengalamannya akan dibutuhkan untuk menambah kekuatan lini tengah Arsenal serta mentor bagi Albert Lokonga yang baru ini bermain buruk.

Jorginho bisa melapis sekaligus bersaing kompetitif dengan Granit Xhaka dan Thomas Partey di lini tengah Arsenal. Terlebih Arsenal masih bersaing kompetitif dalam perebutan titel Premier League dan Liga Europa.

Arsenal Chelsea Jorginho Transfer Isu Transfer Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan