BolaSkor.com - Gareth Southgate membuat pilihan menarik ketika timnas Inggris memainkan laga pertama grup D Piala Eropa 2020 kontra Kroasia di Wembley, Minggu (13/06) malam WIB. Kieran Trippier bermain sebagai bek kiri.

Southgate punya Luke Shaw dan Ben Chilwell yang notabene bek kiri murni, tetapi ia justru memilih Trippier yang notabene bek kanan untuk menempati sisi kiri pertahanan. Sementara di kanan ada Kyle Walker serta John Stones dan Tyrone Mings di jantung pertahanan.

"Bek kiri Trippier dan Juara Eropa Chilwell TIDAK (bermain) membingungkan... tapi Trippier (bermain), dan Luke Shaw tidak di (bermain sebagai) bek kiri bahkan lebih jadi misteri yang sulit dipecahkan oleh Sherlock bloody Holmes. Heran. Tapi Trips akan mencetak gol jadi kami tidak peduli!"

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Inggris 1-0 Kroasia: Raheem Sterling Jadi Pahlawan

Satu Bintang Anyar Lahir dari Laga Inggris Vs Kroasia

Ketika Cristiano Ronaldo Terang-terangan Sindir Sponsor Piala Eropa 2020

Vlogger sepak bola dan fans Chelsea, George Benson menuturkan itu di Twitter mengenai pilihan Southgate memainkan Trippier sebagai bek kiri.

Pada akhirnya pilihan Southgate yang dipertanyakan itu berangsur hilang seiring kemenangan 1-0 Inggris atas Kroasia, melalui gol tunggal Raheem Sterling. Terlebih performa Trippier tidak terlalu buruk di posisi itu.

Sejumlah Faktor

Bermain di kiri dan memiliki kekuatan di kaki kanan Trippier tidak terlalu sering memberi umpan silang kala naik membantu serangan (overlap), tetapi dari sisi defensif Trippier tampil bagus.

Trippier menjaga baik pergerakan Andrej Kramaric dan juga rekan setimnya di Atletico Madrid, Sime Vrsaljko yang menjadi bek kanan dan sering naik membantu serangan. Trippier tahu bagaimana karakter permainan Vrsaljko.

Kieran Trippier dan Kalvin Phillips coba hentikan Sime Vrsaljko

Itu poin pertama Trippier menjadi bek kiri. Selain itu Southgate memiliki 'senjata rahasia' dengan memainkannya, sebab Trippier piawai mengeksekusi tendangan bebas dan bola mati. Unsur itu hilang sejak Trent Alexander-Arnold cedera dan ditarik dari skuad Inggris.

Kontra Kroasia Trippier - dari data Whoscored - punya catatan satu tendangan, 7,1 penguasaan bola, operan sukses dengan 85 persen, satu kali dribel, sekali memenangi duel perebutan bola, dua tekel, dan sekali merebut bola dari penguasaan lawan.

Gareth Southgate: Kieran Trippier Petarung

Publik bisa jadi lupa Trippier sudah dua tahun berkarier di Spanyol dan dilatih El Cholo, Diego Simeone di Atletico Madrid. Dalam kurun waktu itu pemain berusia 30 tahun bertransformasi menjadi petarung.

Sudah bukan rahasia umum lagi Atletico, yang memenangi titel LaLiga musim lalu, bermain dengan determinasi tinggi dengan Simeone, punya pertahanan kuat, gigih bertarung merebutkan bola, dan efisien bermain.

Kieran Trippier dengan Diego Simeone

Guna menunjang sistem itu tidak heran jika Atletico menerapkan latihan keras di setiap sesi latihan. Oscar Ortega, pelatih kebugaran Atletico, yang punya visi sama dengan Simeone menerapkan latihan 'kejam'.

Sesi latihan pramusim Atletico sudah sering diwarnai dengan pusing, muntah-muntah, dan rasa lelah maksimal. Itu memang menuntut fisik yang kuat, tetapi Simeone tahu apa yang dibutuhkan dari timnya.

Trippier 'menelan' semua sesi latihan itu dan membentuk dirinya menjadi seorang petarung andalan Simeone. Dua musim lalu Trippier tampil 33 kali dan musim lalu 36 kali dengan Atletico Madrid. Hal itu yang melandasi pemilihan Southgate.

Kieran Trippier dan Gareth Southgate

"Apa yang Kieran miliki, pertama, sangat diremehkan," jelas Southgate menjelaskan pilihannya memilih Trippier sebagai bek kiri.

"Saya pikir orang-orang masih melihat pemuda yang berada di Spurs beberapa tahun lalu dan bukan hewan defensif yang tumbuh di Atletico Madrid, dipercaya oleh salah satu pelatih terbaik dan pelatih paling sukses di dunia."

Inggris masih memiliki dua laga di fase grup Piala Eropa 2020 melawan Skotlandia dan Republik Ceko, Trippier bisa jadi dipercaya bermain sebagai bek kiri atau bisa juga Southgate memilih Chilwell atau Shaw.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini