Menilik Bisnis Ajax Amsterdam di Bursa Transfer: Beli Murah, Jual Mahal

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 01 September 2020
Menilik Bisnis Ajax Amsterdam di Bursa Transfer: Beli Murah, Jual Mahal
Ajax Amsterdam (Zimbio)

BolaSkor.com - Ajax Amsterdam dikenal sebagai satu di antara tim yang pandai mengorbitkan pemain. Biasanya, Ajax membeli pemain dengan harga murah, kemudian menjualnya beberapa kali lipat.

Ajax Amsterdam menjadi kuda hitam pada Liga Champions 2018-2019. Ajax bisa menyingkirkan beberapa tim kuat seperti Juventus. Meski pada akhirnya harus tersingkir di tangan Tottenham Hotspur pada babak semifinal, namun performa Ajax layak mendapatkan acungan jempol.

Melajunya Ajax hingga semifinal tak lepas dari kontribusi sejumlah pemain. Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Donny van de Beek, dan Hakim Ziyech adalah sederet pemain yang membuat Ajax melangkah jauh.

Menariknya, semua pemain tersebut sudah atau akan angkat kaki dari Ajax Amsterdam. Kabar terbaru menyebut, Van de Beek akan menuju Manchester United.

Baca juga:

Sepakat soal Harga dengan Ajax, Manchester United Kian Dekat Rekrut Donny van de Beek

Legenda Belanda Prediksi Karier Donny van de Beek Akan Sukses di Manchester United

Mengulik Hal-hal yang Dapat Diberikan Donny van de Beek untuk Manchester United

Ajax Amsterdam

Keempat pemain tersebut didatangkan Ajax Amsterdam dengan hanya merogoh kocek 12 juta euro (De Jong 1 juta euro, De Ligt Gratis, Van de Beek gratis, Ziyech 11 juta euro). Namun, ketika menjualnya, De Godenzonen mendapatkan pundi-pundi hingga 246 juta euro.

Frenkie de Jong memberikan pemasukan paling banyak. Sang gelandang membuat Barcelona mengucurkan dana hingga 86 juta euro.

Berikutnya, De Ligt yang tampil kukuh di lini belakang Ajax menarik perhatian Juventus. Bianconeri pun merogoh kocek hingga 75 juta euro untuk bisa mendapatkan servis De Ligt.

Sementara itu, Donny van de Beek akan segera menjadi bagian Manchester United. Untuk mendapatkan gelandang asal Belanda itu, The Red Devils mengeluarkan dana 45 juta euro.

Pemain selanjutnya adalah Hakim Ziyech. Meski tidak berasal dari Belanda, namun Ziyech berkembang pesat di Ajax usai meninggalkan Twente. Kini, Ziyech merupakan pemain Chelsea yang dibeli dengan harga 40 juta euro.

Memang, untuk mencapai keuntungan besar tersebut, Ajax membutuhkan waktu bertahun-tahun menempa kemampuan sang pemain. Selain itu, Ajax juga kehilangan pemain bintangnya.

Akan tetapi, Ajax Amsterdam memang memiliki pola bisnis yang menarik di bursa transfer. Ajax seolah tak khawatir melepas pemain bintangnya. Asal harga pas, Ajax akan puas.

Ajax amsterdam Breaking News Donny van de Beek Frenkie de Jong Matthijs de Ligt Hakim Ziyech
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.491

Bagikan