Menilik Fakta-fakta Unik dari Keberhasilan Liverpool Lolos ke Final Piala FA

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 17 April 2022
Menilik Fakta-fakta Unik dari Keberhasilan Liverpool Lolos ke Final Piala FA
Liverpool vs Man City di final Piala FA (Twitter)

BolaSkor.com - Impian quadruple alias empat trofi semusim Liverpool terus berlanjut musim ini. Usai memastikan lolos ke semifinal Liga Champions, bersaing ketat dalam perebutan titel Premier League, The Reds juga lolos ke final Piala FA.

Musim ini Liverpool sudah memenangi Piala Liga dengan mengalahkan Chelsea. Sementara untuk ajang Piala FA mereka melalui hadangan Manchester City di semifinal yang dihelat di Wembley, Sabtu (16/04) malam WIB, dengan skor 3-2.

Tiga gol Liverpool datang dari Sadio Mane (17' 45') dan Ibrahima Konate (9'), sedangkan dua gol City dicetak Jack Grealish (47') dan Bernardo Silva (90+1'). Penguasaan bola kedua tim relatif ketat.

Baca Juga:

Man City 2-3 Liverpool: The Reds Tembus Final Piala FA

Mengulik Cara Mohamed Salah Berkontemplasi: Menghadap Laut Sendirian dan Menulis

Kontrak Mohamed Salah Bisa Jadi Awal Petaka untuk Liverpool

City punya 49 persen penguasaan bola dan Liverpool 51 persen. City melepaskan 10 tendangan (enam tepat sasaran) dan Liverpool 11 tendangan (tujuh tepat sasaran). Rotasi besar juga dilakukan manajer City, Pep Guardiola.

Zack Steffen, Oleksandr Zinchenko, Jack Grealish, hingga Fernandinho turun menjadi starter dan pemain seperti Kevin De Bruyne, Rodri, Riyad Mahrez dicadangkan. Namun tak ada alasan untuk kekalahan tersebut.

“Ya, 100 persen (City percaya bisa memenangkan Premier League dan Liga Champions),” yakin pemain City, Jack Grealish selepas laga berakhir.

“Anda masuk ke sana dan melihat bakat dan pengalaman yang kami miliki di ruang ganti, saya rasa tidak ada tim lain di liga yang seperti itu."

“Penampilan kami dan posisi kami di liga berbicara untuk dirinya sendiri. Kami hanya harus bangkit, maju lagi dan semoga pada akhir musim memenangi Premier League dan Liga Champions."

Liverpool sementara itu terus melangkah menuju quadruple. Dari laga sengit yang sudah berakhir di semifinal Piala FA di antara dua tim terbaik liga saat ini, berikut sederet fakta-fakta unik yang telah dirangkum:

1. Dengan kekalahan City, maka Pep Guardiola sudah mencatatkan rekor tiga kekalahan beruntun di semifinal Piala FA: City 0-2 Arsenal (2019-2020), City 0-1 Chelsea (2020-2021), dan City 2-3 Liverpool (2021-2022).

2. Liverpool mencapai final Piala FA untuk kali pertama sejak 2012. Liverpool juga telah memenangi enam dari tujuh semifinal Piala FA.

3. Thiago telah mencapai final turnamen empat kali dari lima musim terakhir bersama Bayern Munchen dan Liverpool.

4. Ibrahima Konate sudah memainkan 22 laga untuk Liverpool. Tak pernah kalah: lima hasil imbang dan 17 kemenangan.

5. Hanya ada tiga tim yang menang lawan tim Guardiola tak lebih dari kekalahan: Liverpool (enam kali menang, lima kali kalah), Lyon (dua kali menang, sekali kalah), Wigan Athletic (sekali menang, tanpa pernah kalah).

6. Liverpool mencapai final Piala Liga dan Piala FA di satu musim untuk kali ketiga, setelah musim 2000-2001 dan 2011-2012.

7. Jurgen Klopp manajer pertama yang mengalahkan Pep Guardiola 10 kali dalam karier kepelatihan, termasuk satu kemenangan di drama adu penalti.

Liverpool Manchester City Piala FA
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan