BolaSkor.com - Pada medio 2013-2017, FC Barcelona memiliki trisula maut di lini depan yang berisikan Neymar, Luis Suarez, dan Lionel Messi. Dahulu kala, ada juga trio Ronaldinho, Samuel Eto'o, Ludovic Giuly, atau Thierry Henry, Samuel Eto'o, dan Lionel Messi.

Sekarang di negara yang berbeda, Inggris, Liverpool juga punya trisula depan terbaik Eropa: Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah. Menarik memang jika melihat tim-tim dengan daya tempur seperti kedua klub tersebut.

Menyaksikan pertandingan sepak bola bak dimanjakan dengan pelayanan kelas premium ketika melihat tim-tim punya lini depan yang tajam, berbahaya, dan bergantian mencetak gol. Memainkan trisula seperti mereka juga menjadi kenikmatan tersendiri di dunia game, entah itu FIFA atau PES (Pro Evolution Soccer).

Tapi pada kenyataannya, mengoleksi striker-striker top di lini depan bagaikan buah simalakama bagi pelatih: menyenangkan memiliki mereka, namun, dapat merusak keseimbangan tim jika dimainkan bersama.

Baca Juga:

Saga Transfer Antoine Griezmann: Atletico Tuding Barcelona Langgar Aturan

Para Aktor di Balik Saga Transfer Neymar

5 Pemain yang Mangkir Latihan karena Ingin Pindah

Neymar pernah bekerja sama sebelumnya dengan Luis Suarez dan Lionel Messi

Hal itu pernah diucapkan Pichi Alonso, mantan striker Barcelona medio 1982-1986, kala mengutarakan kekhawatirannya dengan kans kedatangan Neymar (untuk periode kedua), Antoine Griezmann, di Barcelona yang telah memiliki Messi dan Suarez.

"Tidak mudah untuk menempatkan empat penyerang di tim manapun. Neymar dan Griezmann tidak cocok, maksud saya tidak semuanya. Saya pikir satunya pendribel bola, satunya lagi penyelesai akhir. Risiko menghilangkan keseimbangan tim cukup signifikan," tutur Alonso.

Neymar dan Griezmann memang belum resmi datang ke Barcelona di musim panas ini. Tapi, ada indikasi yang mengarahkan mereka hengkang ke klub Catalunya itu. Apalagi, keduanya bak kompak baru ini mangkir latihan dengan klubnya masing-masing agar bisa hengkang.

Neymar absen dari sesi latihan dengan PSG (Paris Saint-Germain). Griezmann lebih parah lagi. Nomor punggung 7 miliknya telah diberikan kepada rekrutan anyar, Joao Felix, dan Griezmann juga mangkir dari sesi latihan.

Barcelona menjadi satu-satunya destinasi mereka, sebab PSG yang sempat dikaitkan dengan Griezmann telah mundur dari persaingan setelah Leonardo, Direktur Olahraga PSG, berkata tidak akan melakukan investasi untuk satu pemain dengan besar-besaran.

Griezmann punya klausul pembelian sebesar 120 juta euro dan Neymar tidak akan dilepas kurang dari 222 juta euro oleh PSG. Tentu saja, Barca harus menjual beberapa pemain mereka jika ingin merekrut keduanya agar tidak melanggar aturan FFP (Financial Fair Play).

Bursa transfer masih panjang. Mari bersama berandai-andai, apabila Griezmann dan Neymar datang ke Camp Nou, strategi apa yang kira-kira akan diterapkan oleh Ernesto Valverde?