BolaSkor.com - Titel Premier League 2019-20 sudah diamankan Liverpool yang menjuarai liga setelah 30 tahun lamanya. Kendati demikian hal itu tidak lantas mengartikan keseruan Premier League musim ini berakhir.

Masih ada zona Liga Champions, Liga Europa yang kian sengit direbutkan sejumlah klub. Tak kalah serunya adalah enam tim yang hingga pekan 33 Premier League berjuang habis-habisan menganggap laga sisa bak final untuk keluar dari zona degradasi.

Keenam klub itu dari urutan 15 hingga 20 adalah Brighton & Hove Albion (36 poin), West Ham United (31 poin), Watford (28 poin), Aston Villa (27 poin), Bournemouth (27 poin), dan Norwich City (21 poin).

Baca Juga:

Jose Mourinho Jadi Manajer Kelima yang Raih 200 Kemenangan di Premier League

Manchester City Kontra Southampton: Penguasaan Bola 74 Persen, Lepaskan 26 Tendangan Tanpa Gol

Tampil di Stadion Kosong Bikin Kemampuan Pemain Arsenal Melonjak

"Saya tak bisa melihat Aston Villa atau Bournemouth memenangi laga lainnya," ucap legenda Liverpool dan eks striker timnas Inggris, Emile Heskey kepada BBC Sport.

Benarkah demikian? Belum tentu. Persaingan Premier League terjadi seru karena kejutan yang acapkali terjadi. Sekali pun Villa dan Norwich saat ini ada di urutan dua terbawah Premier League mereka masih bisa selamat di lima laga yang tersisa.

Kali ini BolaSkor.com akan menganalisis peta persaingan beserta kans keenam tim itu dalam pertarungan keluar dari zona degradasi. Berikut penjabarannya:

1. Brighton - Peringkat 15, 36 Poin

Brighton kala menang melawan Arsenal

Paling berpeluang selamat dari degradasi dan memainkan Premier League untuk empat musim beruntun. Performa tim arahan Graham Potter membaik sejak liga dimulai kembali pasca pandemi virus corona. Brighton meraih tujuh poin dari kemungkinan 12 poin dan terpaut sembilan poin dari zona degradasi.

Brighton yang sudah promosi ke Premier League dari 2017 akan bertanding melawan Liverpool, Manchester City, Sputhampton, Newcastle United, dan Burnley di lima laga tersisa.

Baru ini mereka menang 2-1 atas Arsenal dan ini jadi momentum untuk mereka bertahan di Premier League. "Graham Potter harus mendapatkan pujian. Pertahanan Brighton sangat bagus dan mereka juga lini serang bagus," tutur Ian Wright.

Kans Selamat dari Degradasi: 85%

2. West Ham - Peringkat 16, 31 Poin

West Ham United

Sangat disayangkan apabila klub prestisius dan bersejarah Inggris ini degradasi, apalagi skuat mereka tidak buruk-buruk amat. West Ham saat ini terpaut empat poin dari zona degradasi dan di laga sisa melawan Burnley, Norwich, Watford, Man United, dan Villa.

Di awal musim ini West Ham merugi secara finansial sebesar 27,26 juta poundsterling. Bertahan di Premier League menjadi suatu keharusan jika mereka tak ingin bangkrut dan menjual pemain-pemain andalan.

Kemenangan 2-1 atas Chelsea bisa jadi dorongan bagi The Hammers untuk selamat dari zona degradasi. David Moyes wajib membenahi pertahanan tim yang sudah memainkan 13 laga beruntun liga tanpa mencatatkan clean sheets.

Kans Selamat dari Degradasi: 70%

3. Watford - Peringkat 17, 28 Poin

Watford

Sudah bertahan selama lima tahun di Premier League dan Watford kini terpaut satu poin dengan zona degradasi. Manajer klub, Nigel Pearson punya pengalaman bertarung menyelamatkan tim dari zona degradasi kala melatih Leicester City.

Permasalahannya performa Watford tak membaik sejak liga dimulai kembali. Mereka hanya meraih satu poin dari kemungkinan 12 poin, plus lawan-lawan yang mereka hadapi nantinya cukup berat, yakni: Norwich, Newcastle, West Ham, Man City, dan Arsenal.

"Ada ikatan spesial di antara Nigel Pearson dan pemain-pemainnya. Dia harus menyatukan mereka bersama untuk mengubah musim mereka," ucap Martin Keown.

Kans Selamat dari Degradasi: 65%

4. Aston Villa - Peringkat 18, 27 Poin

Aston Villa

Akankah perjalanan Villa di Premier League berjalan prematur? Villa berstatus tim promosi setelah memenangi play-off dan berhasil mencapai final Piala Liga musim ini. Tapi itu tak mengubah fakta tim arahan Dean Smith ada di peringkat 18 (zona degradasi) dengan koleksi 27 poin

Villa di lima laga sisa akan melawan Man United, Crystal Palace, Everton, Arsenal, dan West Ham. Potensi mereka memainkan laga hidup mati bisa terjadi melawan West Ham di laga pamungkas.

Villa butuh keajaiban dari pemain-pemainnya untuk bermain kolektif demi meraih poin. Plus mereka butuh magis dari pemain andalan: Jack Grealish.

Kans Selamat dari Degradasi: 50%

5. Bournemouth - Peringkat 19, 27 Poin

Bournemouth

Selama lima tahun bertahan di Premier League Bournemouth kini dihadapkan pada fakta sulit berada di zona degradasi. Eddie Howe harus memberikan sentuhan emasnya kepada para pemain agar termotivasi di laga sisa.

The Cherries masih melawan Tottenham, Leicester, Man City, Southampton, dan Everton di lima laga tersisa. Menurunnya performa Bournemouth yang mengalahkan Man United dan Chelsea di awal musim ini cukup mengejutkan.

Parahnya lagi Nathan Ake dkk tidak sekali pun meraih poin dari potensi maksimal 12 poin. Moral kepercayaan diri Bournemouth tengah menurun.

"Sepertinya segalanya sangat buruk di Bournemouth. Saya mendengar Eddie Howe dan sepertinya mereka pasrah turun kasta. Laga-laga sangat sulit, tapi kita semua telah melihat Bournemouth meraih hasil positif ketika Anda tak menyangkanya," ujar Stephen Warnock.

Kans Selamat dari Degradasi: 45%

6. Norwich City - Peringkat 20, 21 Poin

Norwich City

Berada di dasar klasemen dengan 21 poin, terpaut tujuh poin dari tim aman dari zona degradasi, dan tanpa poin sejak liga dimulai kembali. Norwich bak ditakdirkan untuk turun kasta setelah promosi musim ini dan sempat mengaklukkan Manchester City di awal musim.

Tim arahan Daniel Farke masih akan melawan Watford, West Ham, Chelsea, Burnley, dan Man City di lima laga tersisa. Kans bertahan mereka kecil dan butuh keajaiban yang sangat besar untuk lolos dari degradasi.

Eks striker Norwich, Dion Dublin bukan khawatir Norwich degradasi namun ia khawatir jika The Canaries tak bisa kembali lagi ke Premier League setelah degradasi dan menjual pemain-pemain terbaik.

"Masalah terbesar Norwich bukanlah degradasi. Apakah mereka bisa menahan pemain-pemain terbaik? Jika mereka semua pergi, saya tak tahu bagaimana Norwich bisa kembali lagi ke atas," kaa Dublin.

Kans Selamat dari Degradasi: 15%