Menilik Kiprah Inisiatif NBA di Indonesia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 06 Oktober 2020
Menilik Kiprah Inisiatif NBA di Indonesia
Jr. Coach Academy di Bandung, Januari 2020 (Jr.NBAIndonnesia)

BolaSkor.com - Sebagai liga bola basket terbaik di dunia, NBA kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan gaya hidup yang lebih sehat dan aktif di Indonesia, melalui sebuah program bernama Jr. NBA.

Program Jr. NBA berfokus pada peningkatan kesehatan dan gaya hidup aktif anak dengan mengintegrasikan olahraga basket dalam kurikulum pendidikan olahraga lokal. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, program Jr. NBA Indonesia telah menjangkau lebih dari 16,5 juta anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan di Tanah Air, dengan mengajarkan keterampilan dasar dan nilai utama Jr. NBA, yaitu Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerja sama tim), A Positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai), atau yang disingkat menjadi (S.T.A.R.).

Selain itu, NBA juga menginisiasi Akademi Pelatih Jr. NBA (Jr. NBA Coaches Academy), sebuah program pelatihan yang didukung oleh pemerintah dan bertujuan untuk mengembangkan potensi lokal dengan mengajarkan keterampilan dasar, pendidikan, dan latihan pengondisian bola basket berstandar kelas dunia.

Hingga saat ini, program Jr. NBA Coaches Academy telah melatih lebih dari 52.000 guru dari 41.000 sekolah di 25 kota dan provinsi di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan.

Jr. NBA Coaches Academy tahun ini dilakukan secara daring pada 10-11 September. Tantangan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menyulitkan proses berlangsungnya acara secara langsung, tetapi dengan adanya peralihan metode pembelajaran jarak jauh memungkinkan NBA untuk terus memberikan pelatihan bagi guru-guru dan pelatih olahraga dengan cara yang aman.

“Kami tetap berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda Indonesia melalui olahraga,” ucap NBA Asia Associate Vice President of Marketing Partnerships, Jim Wong.

“Peralihan metode Jr. NBA Coaches Academy ke virtual akan memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman pelatihan kepada guru-guru yang sama seperti biasanya, dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh komunitas Jr. NBA.”

Melalui Jr. NBA Coaches Academy, lebih dari 1.300 guru SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMA (Sekolah Menengah Atas) di seluruh Jakarta mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan teknik untuk mengajar bola basket dengan cara-cara yang kreatif.

“Pelajaran olahraga cukup sulit untuk dilakukan secara virtual, terutama ketika para murid tidak mempunyai bola basket dan lapangan. Namun, para pelatih Jr. NBA meyakinkan kami, para peserta, untuk mencari ide baru dan berbagi teknik latihan bola basket yang dapat dilakukan di rumah, seperti latihan ball handling dengan botol minum dan teknik shooting meskipun tanpa bola,” jelas Syahrul, Guru Pendidikan Jasmani SMP Perwira Jakarta.

Hal serupa disampaikan oleh Mulyati Ningsih, guru pendidikan jasmani SMP Negeri 97 Jakarta. Ia mengatakan bahwa dia sangat kagum dengan banyaknya hal baru yang ia pelajari dari Jr. NBA Coaches Academy.

“Buat saya, yang terpenting ketika di rumah saja, anak-anak harus tetap bergerak dan berolahraga agar fisiknya kuat dan bugar. Meski kondisinya terbatas, saya mendorong anak-anak agar tetap berolahraga di rumah dan mencari cara kreatif dalam melatih keterampilan bermain basket,” ucap Mulyati.

“Dengan berpartisipasi dalam Jr. NBA Coaches Academy, saya belajar berbagai teknik bola basket yang dapat diterapkan di ruangan terbatas atau di rumah dengan peralatan seadanya.”

Selain itu, NBA dan Tahir Foundation, sebuah organisasi amal yang bertujuan untuk membantu individu dan masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan dan kesehatan, juga mengumumkan 13 pelatih dan guru yang memenangkan Jr. NBA Coaches Academy Loyalty Contest 2020 di Indonesia. Masing-masing pemenang menerima beasiswa Jr.NBA Tahir Foundation untuk mendukung kebutuhan pelatihan atau pembinaan.

Para guru yang tertarik untuk mengakses materi pembelajaran dan mengetahui informasi seputar Jr. NBA Coaches Academy dapat mengunjungi situs resmi Jr. NBA Asia (Jrnbaasia.com) atau mengunduh aplikasi Jr. NBA Coach pada Apps Store dan Google Play Store. Ikuti juga Jr. NBA Asia pada Facebook (@JrNBAIndonesia) dan Instagram (@jrnbaasia).

NBA Jr NBA
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.100

Bagikan