BolaSkor.com - Manchester City di era Pep Guardiola telah menghabiskan dana lebih dari 400 juta poundsterling atau sekira Rp7 triliun untuk membenahi lini belakang. Amunisi teranyar yang datang adalah Ruben Dias.

Bek tengah Portugal berusia 23 tahun datang dari Benfica sebesar 62 juta poundsterling. Ruben Dias dikontrak selama lima tahun (2025) dan membuka jalan Nicolas Otamendi hengkang dari klub menuju Benfica sebagai bagian transfer.

"Memiliki kesempatan untuk bergabung dengan klub seperti Manchester City adalah hal yang luar biasa bagi saya dan saya tidak dapat menolaknya," tambah Dias.

"Kesuksesan mereka berbicara sendiri. Mereka telah menjadi tim dominan di Inggris selama beberapa tahun terakhir, memainkan gaya sepak bola menyerang yang menurut saya cocok dengan permainan saya sendiri."

Baca Juga:

Dapat Bala Bantuan di Lini Belakang, Manchester City Resmi Rekrut Ruben Dias

Pep Guardiola Beberkan Biang Kekalahan Memalukan Manchester City dari Leicester

Manchester City 2-5 Leicester City: Momen Langka dalam Karier Kepelatihan Pep Guardiola

Ruben Dias

"Sungguh menarik menjadi bagian dari skuad bertalenta dan bermain untuk manajer kelas dunia seperti Pep Guardiola, yang memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mengembangkan pemain muda seperti saya."

"Saya yakin saya bisa meningkat di sini, di klub yang ambisinya sesuai dengan ambisi saya dan saya akan memberikan segalanya untuk menjadi sukses dan memenangkan gelar," tegas Dias.

Sejak Pep Guardiola datang pada 2016 membesut Man City klub terus merombak lini belakang, apalagi klub telah ditinggal oleh Vincent Kompany. Kiprah Dias masih akan dinantikan dengan City.

Selain Dias berikut delapan bek yang telah direkrut Man City sebelumnya dan performanya dengan klub:

1. John Stones - 47,5 Juta Poundsterling

John Stones

Man City merekrut bek tengah asal Inggris sebesar 47,5 juta poundsterling pada 2016 dari Everton. Kini berusia 26 tahun John Stones menjadi bek senior yang dimiliki City, meski begitu performanya selama empat tahun terakhir belum konsisten.

John Stones kadang tampil bagus kadang tampil relatif biasa-biasa saja bahkan cenderung buruk dalam performanya. Cedera juga sering menganggu bek yang juga bisa jadi solusi ketika naik membantu serangan pada situasi bola mati.

2. Danilo - 26,5 Juta Poundsterling

Danilo

Bertahan selama dua tahun bersama Man City (2017-2019). Danilo direkrut City dari Real Madrid pada 2017 sebesar 26,5 juta poundsterling. Pemain asal Brasil berposisi sebagai bek kanan dengan kemampuan bermain ofensif dan cepat dalam melakukannya.

Dua tahun di City dan mendapatkan persaingan dari Kyle Walker, Danilo dilepas ke Juventus dengan menjadikan Joao Cancelo sebagai bagian transfer. Performanya kala membela City Danilo tidak buruk, tapi ia jarang main karena ada Walker.

3. Kyle Walker - 50 Juta Poundsterling

Kyle Walker

Memasuki tahun ketiga dengan City setelah direkrut dari Tottenham Hotspur sebesar 50 juta poundsterling pada 2017. Bek kanan asal Inggris berusia 30 tahun juga dapat bermain sebagai bek tengah dalam formasi tiga bek.

Walker punya kecepatan menyisir sisi sayap dan jadi pemain berpengalaman di lini belakang City. Statusnya sebagai pemain reguler City tidak perlu dipertanyakan lagi, plus dia sudah merasakan titel Premier League bersama kompatriotnya Stones di City.

4. Benjamin Mendy - 52 Juta Poundsterling

Benjamin Mendy

Terkenal sangat aktif (eksis) di media sosial dan banyak cedera selama tiga tahun membela Man City. Padahal tidak murah City merekrutnya dari AS Monaco pada 2017 sebesar 52 juta poundsterling.

Posisi bek kiri lebih sering diperankan oleh Aleksandr Zinchenko ketimbang Mendy yang kerap cedera. Meski begitu ketika bermain Mendy memiliki kualitas bagus ketika bertahan dan naik membantu serangan.

5. Aymeric Laporte - 57 Juta Poundsterling

Aymeric Laporte

Man City menebus Aymeric Laporte pada 2018 dari Athletic Bilbao dengan mengaktifkan klausul pembelian 57 juta poundsterling. Rekrutmen itu sesuai dengan kebutuhan City akan bek tengah yang kidal dan dapat membangun serangan dari belakang.

Tanpa Laporte yang cedera musim lalu terlihat City rapuh di lini belakang. Baru berusia 26 tahun Aymeric Laporte masih punya waktu berkembang di masa depan bersama The Citizens.

6. Angelino - 10,5 Juta Poundsterling

Angelino

Produk akademi Man City yang dilepas pada 2018 ke PSV Eindhoven dan City membelinya lagi pada 2019 sebesar 10,5 juta poundsterling. Kini sang pemain dipinjamkan ke RB Leipzig yang sudah mendapatkan servisnya dari Januari 2020.

Angelino (23 tahun) diboyong Guardiola untuk melapis sisi kiri permainan City. Dia tak punya banyak kans menunjukkan performanya dan di Leipzig Julian Nagelsmann sangat memercayai Angelino.

7. Joao Cancelo - 60 Juta Poundsterling

Joao Cancelo

Datang sebagai bagian transfer yang melibatkan Danilo ke Juventus pada 2019. Joao Cancelo jadi pesaing kompetitif bagi Walker di sisi kanan permainan, plus dia juga bisa bermain sebagai bek kiri jika dibutuhkan.

Cancelo (26 tahun) dibeli sebesar 60 juta poundsterling. Dia full-back yang agresif ketika naik membantu serangan dan cepat dalam pergerakannya - sesuai dengan filosofi sepak bola Guardiola.

8. Nathan Ake - 41 Juta Poundsterling

Nathan Ake

Kedatangan Nathan Ake memastikan City saat ini punya empat bek tengah, tiga bek lainnya adalah: Stones, Laporte, dan Ruben Dias. Ake diboyong dari Bournemouth pada musim panas 2020 sebesar 41 juta poundsterling.

Usia mantan bek Chelsea berumur 25 tahun. Pengalaman bermainnya di Inggris tak diragukan lagi, plus Ake juga acapkali punya inisiatif naik membantu serangan. Tak ayal Ake menambah kualitas dan kuantitas di lini belakang City.