Menilik Peran Baru Luke Shaw sebagai Bek Tengah

Arief HadiArief Hadi - Senin, 02 Januari 2023
Menilik Peran Baru Luke Shaw sebagai Bek Tengah
Aksi Luke Shaw kala melawan Wolves (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United menjaga momentum setelah jeda Piala Dunia 2022 Qatar dan memenangi tiga laga beruntun di seluruh kompetisi, yakni saat melawan Burnley, Nottingham Forest, dan Wolverhampton Wanderers.

Tangan dingin Erik ten Hag dalam meracik strategi dan memaksimalkan kualitas dalam tim jadi kunci di balik performa bagus Man United, salah satu formula barunya adalah menempatkan Luke Shaw sebagai bek tengah.

Pemain berusia 27 tahun sedianya berposisi sebagai bek kiri tetapi di dua laga terakhir Man United lawan Nottingham dan Wolves, Shaw menjadi bek tengah dan bermain bagus. Tidak hanya Man United menang tapi juga mencatatkan clean sheets.

Shaw di atas kertas bek tengah murni dalam formasi empat bek, tetapi perubahan taktik terjadi fleksibel dalam pertandingan dan formasi tim berubah menjadi tiga bek, pada skema tersebut Shaw menjadi bek tengah-kiri.

Baca Juga:

Wolverhampton 0-1 Manchester United: Setan Merah Tutup Tahun di 4 Besar

Cari Penyerang, Manchester United Dikaitkan dengan Dua Nama Kurang Terkenal

Erik ten Hag Punya Tugas Baru di Manchester United

Dengan kaki kidal, kecepatan, pemahaman taktik, serta caranya membangun serangan, Shaw bermain bagus dan di posisi bek atau bek sayap kiri yang biasa ditempatinya ada pemain asal Belanda, Tyrell Malacia.

Shaw seolah sudah bermain lama sebagai bek tengah. Kontra Wolves statistik yang dimilikinya bagus. Dikutip dari Squawka, Shaw punya 81 sentuhan bola, menyelesaikan 58 operan, 10 kali memenangi penguasaan bola, lima akurasi bola lambung, tiga kali memenangi duel bola udara, satu tekel, blok, dan sapuan bola.

"Kami memiliki banyak bek tengah kelas dunia di sini, tapi saya tidak akan berbohong bahwa saya sangat menikmatinya," ucap Shaw menikmati perannya sebagai bek tengah.

"Itu adalah sesuatu yang sangat berbeda dan sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya. Saya pernah bermain sebagai bek tengah tetapi dalam formasi tiga bek dan itu sama sekali berbeda."

"Manajer membutuhkan saya untuk bermain di sana dan saya senang bermain di mana pun, selama saya berada di lapangan."

"Itu selalu membantu ketika Anda memiliki seseorang dengan kemampuan kelas dunia di samping saya seperti Varane. Dia banyak berbicara kepada saya, tidak hanya selama pertandingan, tetapi sebelumnya, dan saya sangat menikmatinya."

"Dan, tentu saja mereka yang tidak bermain seperti Vic dan Harry sangat membantu saya dengan memberikan rincian tentang apa yang harus dilakukan. Hal terpenting bagi saya hari ini adalah menang dan menjaga clean sheet lagi."

Ten Hag pun menuturkan alasan memainkan Shaw sebagai bek tengah ketika ia punya opsi lain seperti Victor Lindelof dan Harry Maguire.

"Itulah salah satu alasan (mengapa Shaw bermain sebagai bek tengah). Anda mendapatkan sudut yang lebih baik dalam penguasaan bola, tetapi dalam permainan ini juga penting - mereka memiliki kecepatan di sayap kanan dan Luke Shaw dapat mempertahankannya," tambah Ten Hag.

Manchester United Luke Shaw
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan