Menilik Perbandingan Statistik Timber dan Martinez, Dua Bek Incaran Man United

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 21 Juni 2022
Menilik Perbandingan Statistik Timber dan Martinez, Dua Bek Incaran Man United
Jurrien Timber dan Lisandro Martinez (Twitter)

BolaSkor.com - Fans masih menanti siapa rekrutan pertama Manchester United di era Erik ten Hag. Sebab sejauh ini nama-nama yang dikaitkan baru sebatas rumor tanpa adanya transfer rampung yang terealisasi.

Mulai dari Frenkie de Jong, Darwin Nunez, Jurrien Timber, Christian Eriksen, hingga Lisandro Martinez. Latar belakang Ten Hag sebagai pelatih Ajax Amsterdam turut memengaruhi rumor transfer tersebut.

Dengan rapuhnya pertahanan Manchester United musim lalu tak heran jika mereka mengincar posisi bek untuk diperkuat. Harry Maguire, Raphael Varane, dan Victor Lindelof masih ada di sana, tapi Man United butuh tambahan pemain.

Baca Juga:

Sulit Daratkan Jurrien Timber, Man United Ganggu Arsenal untuk Dapatkan Lisandro Martinez

Louis van Gaal Gagalkan Rencana Manchester United untuk Rekrut Jurrien Timber

CEO Man United Bicara dengan Fans, Bahas Transfer dan Pengeluaran Besar Tanpa Hasil

Timber dan Martinez dua bek Ajax yang jadi bidikan Man United. Rumor transfer Martinez baru muncul belakangan ini dan Man United bersaing dengan Arsenal dalam perebutan servisnya.

Man United sedianya membidik Timber terlebih dahulu akan tapi karena 'intervensi' Louis van Gaal, pelatih timnas Belanda dan eks pelatih Man United, transfer Timber sulit terealisasi.

Menilik kedua pemain yang diincar Man United itu, BolaSkor.com melihat data yang disediakan Mirror mengenai perbandingan statistik Timber dan Martinez.

Jurrien Timber

Timber berperan penting kala Ajax juara Eredivisie 2021-2022 dan ia jadi bintang di pertahanan dengan hanya kebobolan 19 gol dari 34 laga liga. Pemain berusia 20 tahun umumnya berperan sebagai bek tengah tapi ia juga dapat bermain sebagai bek kanan.

Kemampuan serba bisanya itu cocok sebagai pesepak bola modern. Wajar jika Timber jadi Pemain Terbaik Ajax musim lalu, plus ia memberikan tiga gol dan dua assists musim lalu dalam statistik ofensif yang dimilikinya.

Dilihat dari Whoscored, pada fase defensif Timber punya catatan jumlah tekel rata-rata tertinggi dengan Ajax pada 2,4 tekel per laga, serta 1,7 interceptions atau memotong jalur bola lawan per laga.

Angka itu tidak banyak tapi menilik permainan Ajax yang dominan dengan penguasaan bola, hal itu dapat dimaklumi. Tapi pada posisinya Timber mencatatkan statistik terbaik.

"Dia hampir punya 70 laga di Ajax dan bermain di Liga Champions. Saya suka melihat pemain muda yang sangat percaya diri seperti itu," tutur eks bek timnas Belanda, Ron Vlaar kepada De Telegraaf soal Timber.

Lisandro Martinez

Dibanding Timber yang notabene produk akademi Ajax, Lisandro Martinez lebih berpengalaman pada usia 24 tahun dan bermain di Ajax sejak 2019. Martinez diboyong Ajax dari Defensa y Justicia.

Martinez dapat bermain sebagai bek kiri dan juga bek tengah-kiri dan sudah sering bermain reguler. Pengalamannya itu membuatnya unggul dari Timber hingga ia teruji siap bermain di liga manapun.

Martinez bek berkaki kidal dan memiliki kualitas pemimpin serta kegigihan bermain. Dikulik dari The People's Person, Martinez memenangi dua kali lebih banyak dari pemain lain dalam duel bola udara ketimbang Timber.

Martinez 3,3 sementara Timber 1,5, sementara catatan rata-rata bola lambung Martinez sebanyak 5,4 per laga di Eredivisie (1,7 milik Timber). Itu sudah melebihi Timber dan ia mencetak satu gol serta memberikan empat assists musim lalu.

Menilik catatan itu, keduanya layak membela Man United, tapi Martinez lebih berpengalaman dan ia bisa mengikuti jejak pendahulunya yang juga berasal dari Argentina, Gabriel Heinze, jika bermain di Man United. Posisi bermain keduanya pun sama.

Isu Transfer Manchester United Jurrien Timber Lisandro Martinez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan