BolaSkor.com - Juventus telah merekrut empat pemain di bursa transfer musim panas ini. Usai menjadikan Maurizio Sarri sebagai pelatih kepala, Bianconeri merekrut Luca Pellegrini, Aaron Ramsey, Adrien Rabiot, dan Gianluigi Buffon.

Selain Pellegrini, ketiga nama lainnya direkrut tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis karena kontraknya berakhir dengan klub-klub sebelumnya (free agents). Juventus seolah ketagihan merekrut pemain dengan gratis.

Sejarah telah membuktikan bahwa tim peraih delapan Scudetto beruntun itu memang 'hobi' merekrut pemain gratisan. Kendati demikian, tidak semuanya terbilang sukses. Ibarat melakukan perjudian, pemain-pemain gratisan itu tidak semuanya sukses di Turin.

Baca Juga:

3 Alasan Pemain Gratisan ke Juventus

Keberuntungan Jadi Alasan Gianluigi Buffon Pilih Nomor Punggung 77 di Juventus

Adrien Rabiot Anggap Juventus Lebih Hebat daripada PSG

Menilik beberapa nama dalam daftar transfer gratisan Juventus, berikut enam pemain yang masuk kategori sukses dan tidak sukses (pemain gagal atau flop), yang dirangkum dalam berbagai macam sumber:

Sukses

1. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

Jelas nama yang satu ini pantas ditempatkan sebagai transfer gratisan terbaik Juventus. AC Milan tidak memperpanjang kontrak Andrea Pirlo, prajurit veteran yang sudah 10 tahun memperkuat tim (2001-2011), dan kemudian Juventus bergerak cepat merekrutnya.

Empat tahun di Turin, Pirlo meraih empat Scudetto yang sudah melebihi dua Scudetto-nya di Milan. Pada usia senja, maestro lini tengah Italia masih bisa memanjakan rekan setimnya dengan umpan-umpan terukur dan visi bermain hebat.

2. Paul Pogba

Paul Pogba

Selama empat tahun Pirlo di Juventus, Paul Pogba juga belajar banyak darinya cara mengoper bola dengan akurat dan mengontrol lini tengah permainan. Pogba direkrut gratis pasca United melepasnya pada 2012.

Hanya dalam kurun waktu empat tahun di Turin, Pogba menjelma jadi salah satu gelandang terbaik di Eropa dan dia membentuk lini tengah yang kuat bersama Pirlo serta Arturo Vidal. Empat Scudetto, dua Coppa Italia, dan dua Piala Super Italia telah diraih Pogba di Juventus.

Pada 2016, Man United, uniknya, menebus produk akademi mereka sendiri dengan rekor transfer kala itu sebesar 89 juta poundsterling.

3. Sami Khedira

Sami Khedira

Dicap sebagai pemain yang paling sering cedera kala memperkuat Real Madrid pada medio 2010-2015, Sami Khedira mengubah stigma itu ketika memperkuat Juventus dari tahun 2015 sampai saat ini.

Khedira, 32 tahun, memperlihatkan kualitas terbaiknya seperti saat memperkuat Stuttgart pada periode 2006-2010: gelandang box to box yang dapat membantu tim dalam fase bertahan dan juga rajin membantu serangan.

Selain Khedira, Pirlo, dan Pogba, beberapa rekrutan gratisan Juventus yang dapat disebut pemain sukses adalah: Emre Can, Dani Alves, dan kemungkinan besar Rabiot dan Ramsey, karena keduanya sudah punya kualitas dan pengalaman bermain yang besar.