BolaSkor.com - Amerika Serikat identik dengan olahraga mereka yang populer seperti American Football (rugbi-nya Amerika), NBA, hingga baseball. Tetapi seiring berjalannya waktu sepak bola juga mulai mendemam di Negeri Paman Sam dan populer.

Kehadiran bintang-bintang Eropa di MLS (Major League Soccer) serta keinginan kuat figur sepak bola Eropa berinvestasi, seperti halnya David Beckham yang menjadi pemilik Inter Miami menambah ketenaran sepak bola di Amerika.

Meningkatnya popularitas sepak bola di Amerika turut berdampak kepada munculnya talenta-talenta lokal. Tidak hanya berkarier di Amerika mereka juga bermain di Eropa dan memiliki bakat untuk menembus tim utama klub-klub besar.

Ada Christian Pulisic di Chelsea dan saat ini nama Weston McKennie tengah naik daun karena baru bergabung dengan Juventus. Usianya baru berumur 22 tahun dan Juventus meminjamnya dari Schalke dengan opsi beli permanen.

Baca Juga:

Weston McKennie, 'Koboi' dari Texas yang Memberi Warna Baru dalam Skuad Juventus

Weston McKennie Resmi Jadi Pemain Juventus Pertama Asal Amerika Serikat

5 Fakta Menarik yang Mungkin Jarang Diketahui soal Calon Rekrutan Juventus, Weston McKennie

Weston McKennie

Masuknya McKennie ke Juventus menjadikannya pemain asal Amerika Serikat pertama yang bermain di Bianconeri. McKennie juga masuk daftar pemain AS yang berkarier di Serie A. Selain McKennie berikut nama-nama lainnya:

1. Alfonso Negro

Alfonso Negro

Pemain pertama dari Amerika Serikat yang bermain di Serie A. Berposisi sebagai penyerang Alfonso Negro menghiasi sepak bola Italia medio 1930-an hingga awal 50-an bersama Angri, Catanzaro, Fiorentina, Napoli, dan Ercolanese.

Negro memiliki satu caps dengan timnas Italia. Negro berpaspor Italia namun darahnya adalah Amerika Serikat dan lahir di Brooklyn, New York pada 27 Juni 1915.

2. Armando Frigo

Armando Frigo

Setelah diperkuat Negro Fiorentina memiliki pemain Amerika lainnya pada diri Armando Frigo. Posisinya gelandang tengah dan Frigo bermain dengan La Viola dari 1939 hingga 1942 setelah sebelumnya membela ACIVI Vicenza (1934-1939) dan membela Spezia (1942-1943).

Pencetak tujuh gol dari 46 laga bersama Fiorentina meninggal dunia pada September 1943 setelah ditangkap dan ditembak mati oleh Nazi. Frigo terlibat dalam tentara Italia ketika Perang Dunia II terjadi.

3. Alexi Lalas

Alexi lalas

Padova jadi satu-satunya klub dari Italia yang dibela legenda sepak bola Amerika Serikat, Alexi Lalas pada medio 1994-1996. Di sana Lalas menjadi jangkar di lini belakang Padova - posisi Lalas adalah bek tengah.

Kekuatan fisik dan ketahanan menjadi nilai lebih dari Lalas. Momen terkenalnya lahir ketika dia bermain di Piala Dunia 1994 bersama timnas Amerika Serikat. Lalas dikenal publik dengan janggut panjang dan juga rambutnya.

Pasca membela Padova Lalas bermain di New England Revolution, Emelec, MetroStars, Kansas City Wizards, dan Los Angeles Galaxy.

4. Oguchi Onyewu

Oguchi Onyewu

Bermain di Serie A ketika AC Milan merekrutnya dari Standard Liege pada 2009 dan bermain hingga 2011. Kendati demikian karier Oguchi Onyewu (bek tengah) lebih banyak dihiasi cedera dan bangku cadangan, sampai klimaksnya ia bertengkar dengan Zlatan Ibrahimovic dan pindah ke Sporting Lisbon.

Onyewu terakhir bermain dengan Philadelphia Union pada 2017. Dia punya 69 caps dan enam gol dengan timnas AS. Selain membela Milan Onyewu pernah memperkuat Twente, Sporting Lisbon, Malaga, Queens Park Rangers.

5. Michael Bradley

Michael Bradley

Eks pemain Heerenveen, Borussia Monchengladbach, dan Aston Villa bermain di Italia pada medio 2011-2014 bersama Chievo Verona dan AS Roma. Bersama Chievo Bradley ditempatkan sebagai gelandang jangkar untuk melapis lini belakang dan mengatur serangan.

Posisi itu berbeda ketika ia membela timnas AS sebagai gelandang box to box. Pengemas 151 caps dan 17 gol dengan timnas AS saat ini masih aktif bermain di Toronto FC pada usia 33 tahun.

6. Joshua Perez

Joshua Perez

Produk akademi Fiorentina yang saat ini membela klub Divisi Segunda Spanyol, Castellon. Joshua Perez baru berusia 22 tahun dan berposisi sebagai penyerang. Perez juga tercatat aktif sebagai pemain timnas Amerika Serikat U-23.

Perez promosi ke tim utama Fiorentina pada 2016 dan menghabiskan dua tahun dengan jumlah satu penampilan. Ya, Perez gagal bermain reguler di Fiorentina yang sempat meminjamkannya ke Livorno sebelum akhirnya dilepas ke Los Angeles FC pada 2018.