BolaSkor.com - Musim ini jadi musim kedua (kurang lebih mencapai dua musim) Jose Mourinho melatih Tottenham Hotspur setelah menggantikan Mauricio Pochettino. Tottenham dapat berpikir positif meraih sesuatu di akhir musim ini.

Saat ini posisi di klasemen Premier League menempatkan Spurs di urutan lima klasemen dari tujuh laga yang sudah dimainkan. Apabila mereka menang di pekan delapan Premier League maka Spurs akan langsung ke puncak klasemen menggeser Southampton karena jarak dua poin di antara mereka.

Harry Kane cukup optimistis timnya dapat memenangi Premier League. Dia tidak melihat alasan mengapa timnya tak layak jadi kandidat musim ini bersaing dengan Liverpool, Chelsea, dan Manchester City.

Baca Juga:

5 Pemain yang Kariernya Meredup Ketika Dilatih Jose Mourinho

Gareth Bale Cetak Gol, Jose Mourinho Ejek Real Madrid

Harry Kane Lewati Rekor Dua Legenda Premier League

"Ketika Anda melihat kemampuan skuad kami, Anda pasti akan mengatakan bahwa kami punya cukup banyak (kualitas) untuk memenangkan gelar," tutur Harry Kane dikutip dari Goal.

"Tapi saya juga akan mengatakan bahwa kami sudah dekat selama empat, lima tahun terakhir dan belum cukup melewati batas. Jadi, tidak semudah hanya memiliki skuad yang bagus - dan memenangkan beberapa pertandingan - untuk menantang gelar."

"Tapi ini adalah musim kala saya tidak berpikir satu tim akan dominan - seperti Liverpool musim lalu. Akan ada peluang bagi tim lain untuk membuat catatan bagus bersama-sama dan menjadi juara," tambah dia.

Kane bisa optimistis karena pelatihnya Mourinho punya catatan bagus di musim kedua melatih klub, kecuali dengan ... Manchester United. Berikut pencapaiannya dengan klub-klub yang pernah dilatihnya:

1. Porto

Jose Mourinho di Porto

Sebelum melatih Porto Mourinho tak sampai dua musim kala membesut Benfica. Akan tapi di Porto dalam periode 18 bulan melatih Mourinho membawa klub juara liga 2003-2004 dan kebobolan 19 gol di liga. Hebatnya lagi menjuarai Liga Champions.

Skuad Porto kala itu berisikan bintang-bintang asal Portugal seperti Ricardo Carlvalho, Costinha, Deco, Bosingwa, Maniche, Paulo Ferreira, dan satu striker asal Afrika Selatan Benni McCarthy. Di antara mereka juga bermain di Chelsea seperti Carvalho, Deco, Bosingwa, Maniche, dan Paulo Ferreira.

2. Chelsea

Jose Mourinho dengan Chelsea

Tuah musim kedua berlanjut untuk Jose Mourinho yang sudah mulai terkenal dengan julukan The Special One. Kali ini di liga dengan persaingan yang ketat: Premier League. Mourinho membawa Chelsea juara Premier League 2005-2006.

Itu melanjutkan kegemilangan musim sebelumnya kala meruntuhkan rekor titel liga selama 50 tahun. Pada musim kedua Mourinho membawa Chelsea mengalahkan Manchester United dengan jarak delapan poin dan hanya kebobolan 22 gol.

Tentu saja bintang-bintang Chelsea yang dijadikannya andalan seperti John Terry, Frank Lampard, dan Didier Drogba kini telah jadi legenda klub.

3. Inter Milan

Jose Mourinho di Inter Milan

Melatih di Serie A, siapa takut? Mourinho menaklukkan bukan hanya Serie A pada musim 2009-2010 bersama Inter Milan melainkan juga Coppa Italia dan Liga Champions alias treble winners. Itu masih jadi salah satu musim terbaik Nerazzurri sampai saat ini.

Wesley Sneijder, Samuel Eto'o, Walter Samuel, Diego Milito, Dejan Stankovic, Lucio, Julio Cesar jadi bagian skuad bersejarah Inter kala itu.

4. Real Madrid

Jose Mourinho di Real Madrid

Real Madrid bukan kenangan indah dalam buku sejarah perjalanan karier Jose Mourinho, akan tapi ada kebanggaan ketika Madrid-nya mengalahkan Barcelona yang sedang menggila dengan tiki-taka Pep Guardiola kala itu.

Butuh 100 poin bagi Madrid untuk memenangi titel LaLiga pada musim 2011-2012 dan itu akan selalu dikenang Mourinho, dalam skuad yang berisikan Cristiano Ronaldo, Mesut Ozil, hingga Angel Di Maria.

5. Chelsea (Periode Kedua)

Jose Mourinho di periode kedua bersama Chelsea

Peruntungan musim kedua itu masih terus dibawa Mourinho hingga di periode kedua melatih Chelsea: dengan skuad berbeda dan peta persaingan yang juga berubah. Mourinho tahu itu dan merekrut Cesc Fabregas dan Diego Costa untuk membantu Eden Hazard.

Hasilnya pun positif. Chelsea juara Premier League 2014-2015 mengungguli jauh delapan poin dengan Manchester City di urutan dua klasemen. Itu jadi titel Premier League kelima yang diraih The Blues.

6. Manchester United

Jose Mourinho dengan Manchester United

Di momen inilah tuah musim kedua Mourinho berakhir. Usai membantu Manchester United juara Liga Europa dan Piala Liga, Mourinho gagal memberikan titel liga kepada Red Devils yang harus puas jadi runner-up di bawah rival sekota Man City pada musim 2017-2018.

Menurutnya itu pencapaian terbaik yang dapat diberikannya kepada United dengan kondisi skuad yang ada. Man United melanjutkan puasa gelar Premier League yang terakhir diraih pada 2013 pada musim terakhir Sir Alex Ferguson.

Menilik catatan-catatan itu bukan tidak mungkin Mourinho melanjutkan tuah positif di musim kedua bersama Spurs, tim dari London Utara yang terakhir meraih titel liga pada 1961 dan titel terakhir pada 2008.