BolaSkor.com - Manchester United akan berpatisipasi di Liga Europa 2019-20. Undian fase grup akan berlangsung di Monaco pada Jumat (30/8) waktu setempat. Red Devils berpotensi bertemu dengan lawan-lawan yang cukup merepotkan.

Tim-tim yang akan berpatisipasi di Liga Europa memang belum ditentukan. Apalagi, masih banyak tim yang berpatisipasi di play-off Liga Europa dan laga-laga leg kedua nanti akan berlangsung Kamis (29/8) dan Jumat (30/8) dini hari WIB.

Play-off itu masih menyertakan tim-tim yang namanya cukup dikenal di Eropa seperti PSV Eindhoven, Espanyol, Braga, AZ Alkmaar, Feyenoord, Eintracht Frankfurt (semifinalis musim lalu), Rangers, Wolverhampton Wanderers, dan Torino.

Arsenal, Man United, dan Wolves, yang masih akan bertarung di leg dua play-off, merupakan tiga perwakilan Inggris di Liga Europa. Bagi Arsenal dan Man United, Liga Europa sudah menjadi turnamen langganan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Baca Juga:

Crystal Palace Akhiri Kutukan Tak Pernah Menang Melawan Manchester United

Perasaan Sedih dan Senang Daniel James Usai Bersua Crystal Palace

Termasuk Alexis Sanchez, Inter Milan Rekrut 2 Pemain Anyar

Trofi Liga Europa

Perjalanan Manchester United terbilang inkonsisten dalam tiga musim terakhir. Usai menjadi juara Liga Europa 2016-17, Man United sempat bermain di Liga Champions dua kali beruntun dan kemudian kembali lagi ke Liga Europa musim ini, setelah musim lalu finis di peringkat enam Premier League.

Awal perjalanan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer juga inkonsisten di musim ini. Sempat menang meyakinkan 4-0 atas Chelsea, David De Gea dan kawan-kawan performanya menurun kala imbang 1-1 kontra Wolves dan kalah mengejutkan 1-2 dari Crystal Palace.

Mengingat kedalaman skuat Man United yang tidak bagus-bagus amat, ada potensi mereka akan mengalami kesulitan besar bermain di jadwal padat Eropa dan di Inggris. Kendati demikian, Solskjaer menegaskan Liga Europa sebagai prioritas untuk dimenangi.

"Kami melihat Liga Europa sebagai tempat untuk memberikan waktu bermain lebih ke para pemain muda, tapi juga kesempatan untuk memenangi trofi. Terakhir kali kami ikut, kami memenanginya, ini juga jadi sebuah cara untuk lolos ke Liga Champions," tutur Solskjaer saat pramusim.

"Di semua kompetisi, Anda tak bisa cuma mengandalkan 'Wah, kami harus memenangi yang satu ini'. Kami tentu saja harus tampil habis-habisan untuk mencoba memenanginya. Ini adalah trofi besar."

Menilik potensi lawan-lawan yang berpotensi dihadapi Man United di fase grup, ada kans mereka bertemu Celtic, Rangers, Borussia Monchengladbach, PSV, Young Boys, Sparta Prague, AS Saint-Etienne, Getafe, Espanyol, dan Eintracht Frankfurt.

Dilansir dari Manchester Evening News, berikut prediksi pembagian pot tim-tim yang akan berpatisipasi dan diundi untuk fase grup Liga Europa 2019-20:

Pot 1
Sevilla, Arsenal Roma, Manchester United, Besiktas, Basel, Sporting, CSKA Moscow, Wolfsburg, Club Brugge, Lazio

Pot 2
PSV, Sparta Praha, Krasnodar, Viktoria Plzen, Braga, Gent, Borussia Monchengladbach, BATE Borisov, Young Boys, Ludogorets, APOEL, Legia Warsaw

Pot 3
PAOK, FCSB, Saint-Etienne, Qarabag, Eintracht Frankfurt, Feyenoord, Slavia Praha, Getafe, Espanyol, Malmo, Maribor, Partizan

Pot 4
Standard Liege, Wolves, Red Star Belgrade, Maccabi Tel-Aviv, FC Sheriff, Rennes, Istanbul Basaksehir, FC Oleksandriya