Menilik Sengitnya Perburuan Zona Liga Champions di Premier League

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 16 Mei 2021
Menilik Sengitnya Perburuan Zona Liga Champions di Premier League
Chelsea vs Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League 2020-2021 memasuki pekan 36 dan menyisakan dua laga terakhir. Titel juara sudah diamankan Manchester City dan tiga tim yang degradasi adalah Fulham, West Bromwich Albion, dan Sheffield United.

Lantas apa yang tersisa dari sisa-sisa laga Premier League saat ini? Perburuan empat besar alias zona Liga Champions. Man City beserta 'tetangganya' Manchester United sudah mengamankan posisi di empat besar.

Akan tapi Leicester City dan Chelsea yang saat ini ada di peringkat tiga dan empat klasemen belum sepenuhnya aman. Posisi mereka masih dapat disalip oleh Liverpool dan West Ham United.

Baca Juga:

Chelsea 0-1 Leicester City: The Foxes Juara Piala FA

8 Catatan Menarik Setelah Liverpool Tekuk Manchester United: Pertahanan Setan Merah Keropos

Kisah Mengharukan di Balik Comeback Scott Carson ke Premier League

Perolehan poin dari urutan tiga hingga enam adalah Leicester (66 poin), Chelsea (64 poin), Liverpool (60 poin), dan West Ham United (58 poin). Liverpool masuk kembali ke dalam persaingan usai menang 4-2 melawan Manchester United.

Menilik serunya persaingan untuk merebutkan dua tiket tersisa ke Liga Champions via jalur liga, berikut BolaSkor.com menganalisis potensi tim-tim lolos dari pertandingan yang tersisa:

1. Liverpool

"Kami akan menghadapi pertandingan yang sangat sulit. West Brom akan benar-benar bebas dari tekanan, yang bisa melakukan hal-hal aneh, Burnley dengan (dukungan) suporter akan sulit dan kami akan lihat apa yang harus kami lakukan melawan Crystal Palace."

"Kami harus memenangkan semua pertandingan. Itulah mengapa hasil imbang yang kami lakukan melawan Newcastle dan Leeds terasa seperti kekalahan."

"Berada di posisi di mana Anda memilikinya di tangan Anda sendiri untuk lolos ke Liga Champions adalah hal yang besar. Dua atau tiga tahun lalu, itulah hidup kami."

Dalam lima laga terakhir (sebelum pekan 36) Liverpool dalam momentum bermain bagus dari tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Di tengah badai cedera catatan itu terbilang bagus.

Ben Davies, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Jordan Henderson, Naby Keita, Joel Matip, James Milner, Divock Origi, dan Caoimhin Kelleher merupaka nama-nama pemain Liverpool yang cedera.

Pada tiga laga terakhir Liverpool akan menghadapi West Bromwich Albion, Burnley, dan Crystal Palace. Di atas kertas Liverpool diunggulkan tapi lawan-lawan itu cukup 'rumit'.

West Brom arahan Sam Allardyce akan bermain tanpa tekanan karena sudah terdegradasi, sementara Burnley dan Palace bisa merepotkan Liverpool dengan permainan yang mengandalkan serangan balik, terlebih laga Burnley akan dihadiri suporter.

Jadi selain menggantungkan harapan kepada performa mereka sendiri dan berusaha menyapu bersih laga dengan kemenangan, Liverpool dengan maksimal raihan 69 poin juga berharap tim-tim rival gagal meraih poin penuh.

2. West Ham United

The Hammers berharap akan keajaiban untuk masuk ke empat besar. Dengan raihan maksimal 67 poin jika memenangi laga tersisa West Ham berharap tim-tim rival gagal meraih poin penuh. Saat ini West Ham di urutan enam klasemen dan lebih realistis ke zona Liga Europa (urutan lima).

West Ham masih akan memainkan laga tandang kontra Brighton & Hove Albion dan West Brom serta laga kandang kontra Southampton. Dalam lima laga terakhir performa West Ham inkonsisten dengan tiga kekalahan dan dua kemenangan.

Arthur Masuaku, Mark Noble, Angelo Ogbonna, dan Declan Rice cedera. Tak ayal butuh keajaiban bagi skuad arahan David Moyes untuk menembus zona Liga Champions.

3. Leicester City

Leicester City tinggal menyisakan laga melawan Chelsea dan Tottenham Hotspur. Dua laga sulit, tetapi selama Leicester tidak kalah peluang mereka mengamankan tempat di empat besar cukup besar. Leicester di urutan tiga dengan raihan 66 poin dari 36 laga.

72 poin jadi perolehan poin maksimal bagi Leicester. Harvey Barnes, Jonny Evans, James Justin, dan Wes Morgan masih cedera, tapi Rodgers masih memiliki pemain-pemain andalan di dalam timnya.

Jamie Vardy, Kelechi Iheanacho, James Maddison, Caglar Soyuncu, hingga Youri Tielemans masih dapat dimainkan Rodgers. Dalam lima laga terakhir Leicester imbang sekali, menang tiga kali, dan kalah sekali.

Mengingat konsistensi mereka sepanjang musim ini bertahan di empat besar klasemen, sudah seyogyanya Leicester mendapatkan 'hadiah' dengan bermain di Liga Champions musim depan.

4. Chelsea

Bulan madu dengan Thomas Tuchel berlanjut untuk Chelsea dengan keberhasilan menembus final Liga Champions dan Piala FA. The Blues ada di urutan empat dengan raihan 64 poin dari 36 laga dan poin maksimal mereka adalah 70 poin.

Chelsea masih akan melawan Leicester dan Aston Villa di dua laga terakhirnya. Selama tak menelan kekalahan maka posisi mereka sudah nyaman di empat besar klasemen.

Andreas Christensen cedera dan juga Mateo Kovacic tapi peluang mereka pulih terbuka jelang akhir musim. Jadi tak ada masalah besar bagi Chelsea. Finish di empat besar klasemen akan jadi pencapaian bagus dari Tuchel yang menggantikan Frank Lampard pada Januari lalu.

Breaking News Premier League Chelsea Liverpool West ham united Leicester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan