BolaSkor.com - AC Milan pada akhirnya sukses keluar dari fase grup untuk melaju ke fase gugur Liga Champions 2022-2023. Meski diraih dengan susah payah sampai harus ditentukan di laga pamungkas, Il Rossoneri pada akhirnya tetap melaju.

Milan memastikan tiket tersebut usai menang 4-0 atas RB Leipzig di San Siro, Kamis (03/11) dini hari WIB. Gol-gol Milan besutan Stefano Pioli datang dari Olivier Giroud (14' 57'), Rade Krunic (46'), dan Junior Messias (90+1').

Untuk kali pertama juga sejak 2014 (delapan tahun lalu) Milan lolos ke fase gugur. Sudah cukup lama Milan tak merasakan fase gugur dan skuad terkini masuk kategori tim baru, sebab tidak ada pemain tersisa dari tim pada 2014.

Tak ayal Stefano Pioli menegaskan ambisi Milan untuk bertahan lebih lama lagi di Liga Champions, di mana mereka juga punya status tim kedua dengan raihan trofi terbanyak setelah Real Madrid.

Baca Juga:

16 Tim di Fase Gugur Liga Champions 2022-2023, Tidak Ada Juventus dan Barcelona

Teken Kontrak Baru di Milan, Gaji Stefano Pioli Cuma Naik Secuil

Hasil Pertandingan: AC Milan ke-16 Besar, Juventus Tutup Fase Grup dengan Kekalahan

"Tidak masalah siapa yang kami temui, bagaimana pun juga itu akan memberikan stimulus dan (jadi laga) sulit,” kata Pioli kepada Amazon Prime Video Italia.

"Kami adalah Juara Italia dan harus memainkan sepak bola kami, mencoba melangkah sejauh mungkin. Tidak ada yang perlu ditakuti. Sekarang kami harus kembali ke jalur di Serie A, tetap sedekat mungkin dengan Napoli, yang sedang dalam performa luar biasa."

"Kami harus ambisius di Liga Champions dan tidak takut apapun. Siapa pun lawan kami akan menemukan tim Milan dengan keyakinan."

Menilik delapan tahun silam atau di musim 2013-2014, Milan lolos ke fase gugur dan dilatih oleh Massimiliano Allegri yang di tengah musim digantikan Mauro Tassotti, kemudian Clarence Seedorf.

Perjalanan Milan pun kandas di fase gugur karena kalah agregat gol 1-5 melawan Atletico Madrid, setelah sebelumnya jadi runner-up grup H di bawah Barcelona dan di atas Ajax Amsterdam serta Celtic.

Lantas, bagaimana dengan skuad AC Milan kala itu? Menilik informasi di Wikipedia, berikut skuad AC Milan di Liga Champions pada musim 2013-2014:

Kiper: Marco Amelia, Christian Abbiati, Gabriel
Bek: Mattia De Sciglio, Philippe Mexes, Adil Rami, Cristian Zapata, Ignazio Abate, Kevin Constant, Daniele Bonera, Matias Silvestre, Cristian Zaccardo
Gelandang: Sulley Muntari, Riccardo Saponara, Keisuke Honda, Valter Birsa, Michael Essien, Andrea Poli, Riccardo Montolivo, Kaka, Bryan Cristante, Urby Emanuelson, Nigel de Jong, Adel Taarabt
Penyerang: Robinho, Giampaolo Pazzini, Mario Balotelli