Menilik Skuad Spanyol di Piala Dunia 2022: Tanpa David De Gea dan Thiago Alcantara

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 12 November 2022
Menilik Skuad Spanyol di Piala Dunia 2022: Tanpa David De Gea dan Thiago Alcantara
Timnas Spanyol (Twitter)

BolaSkor.com - Luis Enrique selaku pelatih timnas Spanyol telah mengumumkan 26 nama pemain yang akan dibawanya untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Dari 26 nama itu Enrique tidak menyertakan dua pemain senior Spanyol, David De Gea dan Thiago Alcantara.

Enrique tidak menyertakan kedua nama itu juga dengan full-back Barcelona Marcos Alonso. Tetapi di dalam skuadnya masih ada pemain-pemain senior seperti Jordi Alba, Cesar Azpilicueta, Dani Carvajal, Sergio Busquets, Koke, dan Alvaro Morata.

Spanyol berusaha untuk bangkit setelah terakhir kali jadi juara pada 2010 di Afrika Selatan. Pada Piala Eropa 2020 Spanyol mencapai fase semifinal sebelum kandas oleh Italia yang kemudian menjadi juara.

Baca Juga:

Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia, Didier Deschamps, dan Potensi Rekor Baru

Piala Dunia 2022: Lionel Scaloni, Pemutus Mata Rantai Kutukan Argentina

Piala Dunia 2022: Luis Enrique, Pelatih Kontroversial dan Tidak Takut Melawan Arus

Sementara di Piala Dunia 2018 Spanyol tersingkir dini di 16 besar. Kala itu juga Spanyol terganggu fokusnya karena pelatih kepala mereka, Julen Lopetegui, dipecat tepat jelang turnamen dimulai dan digantikan Fernando Hierro. Alasannya karena Lopetegui diam-diam menjalin kontrak dengan Real Madrid.

Spanyol berada di grup G Piala Dunia 2022 dengan Jerman, Kosta Rika, dan Jepang. Berikut skuad timnas Spanyol di Piala Dunia 2022:

Kiper

Tiga kiper dengan caps di bawah 30 akan saling bersaing untuk jadi kiper utama, mereka adalah Unai Simon (25 tahun), Robert Sanchez (24 tahun), dan David Raya (27 tahun). Dua nama yang disebut terakhir baru punya satu caps dan Simon dengan 27 caps.

Unai Simon yang membela Athletic Bilbao berpeluang besar jadi kiper utama Spanyol ketimbang dua nama itu. De Gea (32 tahun) dengan 45 caps tidak dipanggil meski ia reguler bermain dengan Manchester United.

Bek

Enrique memercayakan lini belakang kepada nama-nama yang dipanggil yakni Cesar Azpilicueta, Hugo Guillamon, Pau Torres, Eric Garcia, Jose Gaya, Dani Carvajal, Jordi Alba, dan Aymeric Laporte. Ia tidak membawa Marcos Alonso.

Selain itu juga tidak ada pemanggilan untuk bek senior Spanyol, Sergio Ramos, kendati kariernya tengah bangkit saat ini dengan PSG. Menilik nama-nama itu Garcia dan Torres bisa jadi tandem di jantung pertahanan Spanyol dengan banyaknya opsi pada posisi full-back.

Gelandang

Pengatur serangan Liverpool, Thiago Alcantara, tak disertakan Enrique dalam skuad Spanyol. Pada posisi tengah ia membawa Sergio Busquets, Marcos Llorente, Pedri, Rodri, Koke, Gavi, dan Carlos Soler.

Koke dan Busquets bisa jadi contoh bagi pemain muda lainnya. Sementara Pedri dan Gavi punya prospek cerah untuk lini tengah Spanyol dalam jangka waktu panjang.

Penyerang

Banyak opsi untuk diterapkan Enrique pada posisi ini. Ia membawa Alvaro Morata, Yeremy Pino, Ferran Torres, Marco Asensio, Pablo Sarabia, Dani Olmo, Nico Williams, dan Ansu Fati ke Qatar. Mereka punya karakteristik bermain berbeda.

Alvaro Morata, dengan 27 gol dan 57 caps, akan memimpin lini depan. Ia bisa didampingi oleh Asensio, Torres, atau Olmo di lini depan. Belu lagi Pino, Fati, Williams dapat memberi kejutan - ketiganya baru berusia 20 tahun.

Skuad lengkap timnas Spanyol di Piala Dunia 2022:

Kiper: Unai Simon (Athletic Bilbao), Robert Sanchez (Brighton), David Raya (Brentford).

Bek: Cesar Azpilicueta (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid), Eric Garcia (Barcelona), Hugo Guillamon (Valencia), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Jordi Alba (Barcelona), Jose Gaya (Valencia).

Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Rodri Hernandez (Manchester City), Gavi (Barcelona), Carlos Soler (Paris St-Germain), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Pedri Gonzalez (Barcelona), Koke Resurreccion (Atletico Madrid).

Penyerang: Ferran Torres (Barcelona), Nico Williams (Athletic Bilbao), Yeremi Pino (Villarreal), Alvaro Morata (Atletico Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Pablo Sarabia (Paris St Germain), Dani Olmo (RB Leipzig), Ansu Fati (Barcelona).

Spanyol Timnas Spanyol Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan