Menilik Skuad Swiss di Piala Dunia 2022: Pengalaman Pemain Liga Top Eropa

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 09 November 2022
Menilik Skuad Swiss di Piala Dunia 2022: Pengalaman Pemain Liga Top Eropa
Timnas Swiss (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan jadi Piala Dunia kelima yang diikuti timnas Swiss beruntun. Tiga dari empat percobaan Piala Dunia Swiss mampu dilalui dengan keberhasilan lolos fase grup, bahkan dalam perjalanan beberapa tahun terakhir Swiss tampil jadi kejutan.

Seperti misalnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Swiss finish di atas Italia di fase grup dan perjalanan Italia kandas di fase play-off. Ada juga momen di UEFA Nations League ketika Swiss mengalahkan tim-tim kuat seperti Portugal dan Spanyol.

Swiss berada di grup G dengan tim favorit juara, Brasil, bersama juga dengan Kamerun, dan Serbia. Murat Yakin, pelatih timnas Swiss, sudah menuturkan 26 nama dalam skuad untuk dibawa ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga:

Menilik Skuad Timnas Australia di Piala Dunia 2022: Kombinasi Pemain Muda dan Senior

Profil Grup B Piala Dunia 2022: Inggris Favorit Tempati Urutan Satu

Profil Grup A Piala Dunia 2022: Belanda Dikepung Kuda Hitam

Swiss memiliki tim yang solid dengan materi pemain-pemain yang berkarier di liga top Eropa. Berikut BolaSkor menilik skuad Swiss yang akan bermain di Piala Dunia 2022:

Kiper

Berbeda dari pelatih lainnya, Murat Yakin membawa empat kiper ke Qatar yakni Yann Sommer, Jonas Omlin, Gregor Kobel, dan Philipp Kohn. Di antara mereka Sommer (33 tahun) jadi pilihan utama dengan 76 caps dengan Swiss.

Dan oleh karenanya Omlin, Kobel, dan Kohn akan saling bersaing untuk jadi pelapis ideal bagi Sommer.

Bek

Hanya enam bek yang dibawa Yakin ke Qatar untuk Piala Dunia yaitu Ricardo Rodriguez, Fabian Schar, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Silvan Widmer, dan Eray Comert. Murat Yakin suka menggunakan formasi empat bek dan keenam pemain itu diharapkan fit.

Di antara mereka Manuel Akanji, bek Manchester City, akan jadi andalan di jantung pertahanan dengan pemain berpengalaman seperti Ricardo Rodriguez, Schar, dan Widmer. Sekedar informasi, Rodriguez juga ahli dalam mengeksekusi bola mati.

Gelandang

Area yang padat karena Yakin membawa 12 pemain di posisi ini yaitu Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, Remo Freuler, Denis Zakaria, Djibril Sow, Renato Steffen, Fabian Frei, Michel Aebischer, Ardon Jashari, Edimilson Fernandes, dan Fabian Rieder.

Dua nama akan jadi pemimpin di area ini yakni Xherdan Shaqiri (31 tahun) dan Granit Xhaka (30 tahun), pemain yang membela Chicago Fire dan Arsenal. Keduanya punya kombinasi 214 caps untuk timnas Swiss.

Pengalaman mereka akan jadi nilai penting mengenai kans Swiss bertahan di Piala Dunia 2022. Xhaka dan Shaqiri bukan satu-satunya karena masih ada nama lain yang bermain di liga top Eropa seperti Remo Freuler (Nottingham Forest), Denis Zakaria (Chelsea), dan Djibril Sow (Eintracht Frankfurt).

Penyerang

Opsi di area ini juga banyak dimiliki Yakin karena ia memanggil lima pemain, Haris Seferovic, Breel Embolo, Ruben Vargas, Noah Okafor, dan Christian Fassnacht. Seferovic (30 tahun) akan memimpin lini depan dengan pengalaman yang dapat dilihat dari 88 caps dan 25 gol sejauh ini.

Opsi lainnya adalah penyerang AS Monaco, Breel Embolo. Penyerang berusia 25 tahun punya 58 caps dan 11 gol. Okafor (22 tahun) dapat jadi kejutan karena sedang tampil bagus bersama RB Salzburg.

Skuad timnas Swiss untuk Piala Dunia 2022:

Kiper: Yann Sommer, Jonas Omlin, Gregor Kobel, Philipp Kohn
Bek: Ricardo Rodriguez, Fabian Schar, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Silvan Widmer, dan Eray Comert
Gelandang: Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, Remo Freuler, Denis Zakaria, Djibril Sow, Renato Steffen, Fabian Frei, Michel Aebischer, Ardon Jashari, Edimilson Fernandes, Fabian Rieder
Penyerang: Haris Seferovic, Breel Embolo, Ruben Vargas, Noah Okafor, Christian Fassnacht

Swiss Timnas Swiss Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan