Menilik Skuad Timnas Australia di Piala Dunia 2022: Kombinasi Pemain Muda dan Senior

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 08 November 2022
Menilik Skuad Timnas Australia di Piala Dunia 2022: Kombinasi Pemain Muda dan Senior
Timnas Australia (Twitter)

BolaSkor.com - Graham Arnold, pelatih timnas Australia, telah mengumumkan 26 nama pemain untuk dibawanya ke Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar pada November-Desember. Australia tergabung di grup D bersama Denmark, Tunisia, dan juara bertahan Prancis.

Piala Dunia 2022 jadi Piala Dunia keenam bagi Australia. The Socceroos lolos dramatis melalui jalur play-off ketika mengalahkan Peru Juni lalu, melalui drama adu penalti. Sejauh ini pencapaian terbaik Australia adalah mencapai 16 besar pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Sayang, Australia juga tak pernah memenangi pertandingan dalam dua edisi terakhir Piala Dunia (2014 dan 2018). Graham Arnold (59 tahun) diharapkan bisa mengubah peruntungan Australia di Qatar, meski mereka juga berada di grup yang sulit dengan adanya Prancis dan Denmark.

Baca Juga:

Xavi Hernandez Jagokan Brasil dan Argentina di Piala Dunia 2022

Profil Grup B Piala Dunia 2022: Inggris Favorit Tempati Urutan Satu

Profil Grup A Piala Dunia 2022: Belanda Dikepung Kuda Hitam

Arnold memiliki kombinasi pemain muda dan senior dalam skuad Australia, pemain-pemain berpengalaman seperti Mathew Ryan dan Aaron Mooy diharapkan dapat memimpin pemain-pemain muda di Piala Dunia 2022. Mari sama-sama menilik skuad Australia.

Kiper

Mathew Ryan, Andrew Redmayne, dan Danny Vukovic merupakan tiga nama kiper yang dibawa Arnold ke Qatar. Ryan adalah kapten tim sekaligus pilihan utama di bawah mistar gawang Australia.

Kiper berusia 30 tahun punya 75 caps dan saat ini membela Copenhagen, sebelumnya ia pernah membela Club Brugge, Valencia, Brighton & Hove Albion, Arsenal, dan Real Sociedad.

Sementara Vukovic yang membela klub lokal, Central Coast Mariners, punya pengalaman bermain di Piala Dunia 2018. Lalu Redmayne, kiper Sydney FC, adalah pahlawan Australia di drama adu penalti lawan Peru.

Bek

Milos Degenek, Nathanial Atkinson, Joel King, Fran Karacis, Bailey Wright, Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich, Thomas Deng. Sembilan pemain dibawa Arnold ke dalam skuad Australia untuk Piala Dunia 2022.

Di antara mereka Behich paling berpengalaman. Bek berusia 32 tahun punya 53 caps dan memperkuat klub Skotlandia, Dundee United. Selain Behic ada juga Wright (Sunderland) dan Degenek (Columbus Crew).

Pengalaman mereka dapat jadi pembelajaran bagus bagi pemain-pemain muda seperti Harry Souttar, Joel King, dan Nathaniel Atkinson. Satu nama yang cukup mengejutkan tak dipanggil adalah Trent Sainsbury. Padahal bek berusia 30 tahun berpengalaman dan bermain di Qatar dengan Al-Wakrah.

Gelandang

Pada posisi lini tengah atau gelandang Arnold memanggil Aaron Mooy, Craig Goodwin, Jackson Irvine, Cameron Devlin, Riley McGree, Ajdin Hrustic, dan Keanu Baccus.

Apabila di masa lalu Australia memiliki Tim Cahill, maka di Piala Dunia 2022 pemain senior mereka di posisi tengah adalah Aaron Mooy. Pemain berusia 32 tahun memperkuat Celtic dan pernah membela Brighton & Hove Albion.

Kemampuannya mengatur ritme bermain dibutuhkan Australia, begitu juga dengan Irvine dan Hrustic yang bermain di Eropa dengan St. Pauli dan Eintracht Frankfurt. Sementara Tom Rogic tidak dipanggil karena ia pernah menolak bermain untuk Australia.

Penyerang

Delapan pemain di posisi depan dibawa Arnold ke Piala Dunia 2022 yakni Mathew Leckie, Martin Boyle, Jamie Maclaren, Craig Goodwin, Mitchell Duke, Jason Cummings, Garang Kuol, dan Awer Mabil.

Arnold coba menghadirkan serangan di sisi sayap dengan adanya pemain berpengalaman seperti Leckie (Melbourne City) dan Mabil (Cadiz). Maclaren juga menjadi andalan pada posisi penyerang tengah.

Satu nama yang cukup menarik dinanti aksinya adalah penyerang berusia 18 tahun, Garang Kuol. Pasca tampil bagus dengan Central Coast Mariners, Kuol gabung Newcastle United.

Skuad timnas Australia di Piala Dunia 2022:

Kiper: Mathew Ryan, Andrew Redmayne, Danny Vukovic

Lini Belakang: Milos Degenek, Nathanial Atkinson, Joel King, Fran Karacis, Bailey Wright, Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich, Thomas Deng

Lini Tengah: Aaron Mooy, Craig Goodwin, Jackson Irvine, Cameron Devlin, Riley McGree, Ajdin Hrustic, Keanu Baccus

Lini Depan: Mathew Leckie, Martin Boyle, Jamie Maclaren, Craig Goodwin, Mitchell Duke, Jason Cummings, Garang Kuol, Awer Mabil

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Australia Timnas australia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan