Menilik Tim Premier League dengan Catatan Terbaik dan Terburuk pada Laga Tahun Baru

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 28 Desember 2022
Menilik Tim Premier League dengan Catatan Terbaik dan Terburuk pada Laga Tahun Baru
Derby London Utara (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League 2022-2023 memasuki periode sibuk (festive periods) dan di tahun ini laga semakin padat, menyusul perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar yang baru-baru ini berakhir. Selepas Boxing Day, laga-laga Premier League berlanjut hingga Tahun Baru.

Bagi fans tentu saja laga-laga yang berlanjut sampai Tahun Baru (2023) itu hiburan, tetapi bagi para pelatih klub Premier League memunculkan kekhawatiran mengenai kondisi para pemain yang rawan cedera karena letih.

Kendati demikian periode sibuk di Premier League bukan baru tahun ini saja terjadi, pada tahun-tahun sebelumnya itu juga berlangsung. Pada laga-laga Tahun Baru nanti bertepatan di pekan 18 Premier League.

Baca Juga:

Bukan Ditikung, Manchester United Tak Serius Kejar Cody Gakpo

Misteri Striker Baru Pengganti Cristiano Ronaldo di Manchester United

Disalip Liverpool dalam Perburuan Cody Gakpo, Manchester Ulangi Cerita soal Sadio Mane

Menilik dari 90min ada dua kategori tim-tim pada laga Tahun Baru pada kategori tim dengan catatan terbaik, serta tim dengan catatan terburuk. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tim dengan Catatan Terburuk

Diawali dari tim atau klub dengan catatan terburuk, bahkan ada beberapa tim dalam sejarah Premier League yang tidak pernah menang pada laga Tahun Baru dan dua tim di antara mereka 'menjaga' catatan buruk tersebut.

Dua tim itu adalah Crystal Palace dan Everton. Palace telah memainkan tujuh laga Tahun Baru tanpa kemenangan, tiga kali imbang dan empat kali kalah. Sementara Everton hanya mendapatkan enam poin dari 16 laga Tahun Baru.

Tidak ada tim yang memainkan lebih banyak laga Tahun Baru ketimbang the Toffees (Arsenal juga telah bermain 16 kali), tetapi mereka hanya menang dua kali dan kalah 12 kali. Birmingham City juga kalah di empat laga mereka di Tahun Baru kala masih bermain di Premier League.

Tim dengan Catatan Terbaik

Dua klub dari London Utara, Arsenal dan Tottenham Hotspur, jadi yang terbaik dengan akumulasi 31 poin pada laga Tahun Baru. Tetapi Arsenal memainkan satu laga lebih banyak dan itu artinya catatan Tottenham lebih baik.

Tottenham memenangi 10 dari 15 laga-laga Tahun Baru, imbang sekali, dan kalah empat kali. Sedangkan duo Manchester, Manchester United dan Manchester City, punya catatan yang identik dan juga paling produktif mencetak gol.

Duo Manchester mengakumulasikan 27 poin dari 13 laga. Dilanjutkan dengan Liverpool yang memiliki perolehan poin kelima terbanyak pada laga Tahun Baru dengan 23 poin dari 12 laga, diikuti Chelsea dengan 22 poin dari 11 laga.

Newcastle United juga punya rekor bagus (18 poin dari 10 laga) begitu juga dengan Aston Villa (19 poin dari 11 laga).

Tim-tim seperti Leeds United, Coventry City, Sheffield Wednesday, Nottingham Forest, Derby County, dan Portsmouth, seyogyanya tak pernah kalah pada laga Tahun Baru. Tetapi mereka tak pernah bermain di laga tersebut lebih dari lima kali dalam sejarah Premier League, bahkan sebagian besar bermain tidak lebih dari dua kali.

Berikut jadwal pekan 18 Premier League 2022-2023 yang dimainkan pada laga Tahun Baru:

Sabtu, 31 Desember 2022

West Ham United vs Brentford (02.45 WIB)
Liverpool vs Leicester City (03.00 WIB)
Wolves vs Manchester United (19.30 WIB)
Manchester City vs Everton (22.00 WIB)
Fulham vs Southampton (22.00 WIB)
Bournemouth vs Palace (22.00 WIB)
Newcastle vs Leeds (22.00 WIB)

Minggu, 1 Desember 2022

Brighton vs Arsenal (00.30 WIB)
Tottenham vs Aston Villa (21.00 WIB)
Nottingham Forest vs Chelsea (23.30 WIB)

Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan