Menjawab Teori Konspirasi di Balik Warna Jersey Barcelona

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 28 April 2020
Menjawab Teori Konspirasi di Balik Warna Jersey Barcelona
Barcelona (Zimbio)

BolaSkor.com - Banyak teori konspirasi yang berkembang soal alasan Barcelona menggunakan warna ikonik biru dan merah. Lantas, apa alasan sebenarnya Barcelona menggunakan warna dasar biru-merah untuk jersey uama.

Teori yang berkembang di masyarakat mulai dari teori meniru warna jersey sebuah klub di Swiss, hingga teori kedua warna tersebut dipakai karena banyak pena yang menggunakan warna tersebut.

Namun, Barcelona menjawab, warna tersebut berasal dari pinggir kota Liverpool di awal abad ke-20.

Warna biru dan merah ciri khas Barcelona sudah menjadi identitas klub dan sangat dikenal di dunia. Kedua warna tersebut juga menjadi asal julukan Blaugrana: 'blau' bahasa Catalan untuk warna biru, dan 'grana' untuk warna merah pekat.

Ada beberapa teori konspirasi soal alasan Barcelona menggunakan pola garis berwarna biru dan merah dalam sejarah klub. Barca hanya mengubahnya pada musim ini yakni dengan pola kotak-kotak. Namun, warna biru-merah tidak ditinggalkan.

Baca Juga:

Mitra Kerja Mike Tyson Serius Ingin Beli Hak Nama Stadion Barcelona

Terkait Rumor Transfer, Arthur Melo Masih Dibutuhkan Barcelona

Temui Ayah Timo Werner, Barcelona Tikung Liverpool

Lionel Messi

Satu di antara teori yang beririsan dengan sejarah klub adalah warna merah dan biru dipilih dalam sebuah rapat oleh anggota klub pada Desember 1899. Rapat tersebut adalah yang kedua setelah Barcelona didirikan beberapa pekan sebelumnya.

Sejarahnya adalah ketika Witty bersaudara, Arthur dan Ernest, yang punya pengaruh besar untuk Barca mengajukan warna garis biru dan merah sebagai ciri khas Barcelona. Warna tersebut sama dengan milik tim rugby Merchant Taylors, yang merupakan tim rugby sekolah mereka di Crosby - sebuah kota di pinggir Liverpool, Inggris.

Setelah itu, Hans Max Gamper yang mendirikan klub setuju dengan ide tersebut. Hipotesis yang berkembang adalah karena sebelumnya ia mengenakan dua warna tersebut ketika bermain di FC Basel.

Versi teori tersebut diceritakan keturunan dari para pendiri Barcelona dan telah diakui oleh klub. Pernyataan resmi Barcelona berbunyi:

"Cerita dari keluarga para pendiri klub menjadi teori yang paling memungkinkan tentang mengapa klub ini memilih dua warna tersebut, dan teori tersebut juga didukung oleh klub. Mungkin suatu hari nanti, dalam keadaan yang tak diduga, sebuah dokumen akan muncul untuk mengonfirmasi teori ini. Hingga hari itu tiba, kami akan terus mendukung teori itu sebagai teori yang paling memungkinkan," bunyi pernyataan Barca.

Namun, ada teori lain yang menyebutkan dua warna tersebut dipilih oleh ibu dari satu di antara seorang pemain yang terinspirasi dari warna pena yang umum digunakan pada saat itu, yakni pena warna biru dan merah.

Teori lainnya mengatakan dua warna tersebut dipilih karena lazim digunakan karena peristiwa Revolusi Prancis.

Tidak ada yang tahu versi lengkap dari cerita ini, tetapi Barcelona meyakini dua warna tersebut terinspirasi dari sekolah Merchant Taylors di Inggris.

Menariknya, tidak hanya Barcelona yang mengenakan warna biru dan merah. SD Eibar masuk dalam golongan tersebut setelah meminjam jersey Barcelona pada tahun-tahun awal berdirinya klub. Namun, berdasarkan pernyataan LaLiga, El Barca adalah tim pertama di LaLiga yang mengenakan jersey warna biru dan merah.

Hingga saat ini, Lionel Messi dan kawan-kawan masih beraksi di lapangan dengan balutan warna jersey biru dan merah.

Barcelona Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan