BolaSkor.com - Sekali lagi, Barcelona memperlihatkan superioritas atas seteru abadinya, Real Madrid, kala bermain di Santiago Bernabeu pada leg kedua semifinal Copa del Rey 2018-19, Kamis (28/2) dini hari WIB. Barcelona menang telak 3-0.

Laga berakhir imbang tanpa gol di babak pertama dan agregat gol sama kuat 1-1 dari leg satu yang berlangsung di Camp Nou. Di paruh kedua, Ernesto Valverde sukses memotivasi pemain Barca hingga mereka mencetak tiga gol via dua gol Luis Suarez dan gol bunuh diri Raphael Varane.

Barca memecahkan rekor dengan menebus final untuk keenam kalinya beruntun - empat di antaranya berakhir dengan kesuksesan meraih trofi Copa del Rey. Tidak hanya itu, Barca juga menjadikan Santiago Bernabeu sebagai 'taman bermain' mereka.

Pada ajang Copa del Rey, ironisnya, Los Blancos tidak pernah menang di Santiago Bernabeu ketika melawan Barcelona sejak tahun 1970, ketika mereka unggul 2-0 dari leg pertama.

Baca Juga:

Ernesto Valverde Ungkap Kunci Kemenangan Kontra Real Madrid

Lini Depan Tumpul, Penggawa Real Madrid Ogah Bicarakan Cristiano Ronaldo

Real Madrid 0-3 Barcelona, Enam Final Berturut-turut untuk Blaugrana

Barcelona selalu nyaman bermain di Santiago Bernabeu

Setelahnya, keduanya bentrok dalam laga Clasico, bertemu empat kali di Bernabeu dan tiga di antaranya berakhir imbang, teranyar Barca meraih kemenangan 3-0.

Lebih lanjut lagi, dari total 17 Clasico di Bernabeu, Barca menang 1- kali termasuk salah satu yang terkenal terjadi pada 2009. Saat itu, tiki-taka Pep Guardiola menghancurkan Madrid dengan skor telak 6-2.

"Mencapai final keenam ... saya pikir hal yang kami capai merupakan sesuatu yang tidak akan pernah terulang lagi di Copa del Rey," tutur bek senior Barcelona, Gerard Pique, dikutip dari Goal.

"Kami banyak memenanginya beberapa tahun terakhir, tapi kami ingin memenanginya lagi. Lolos kualifikasi ke final adalah hal yang spesial. Ini sesungguhnya terlihat seperti kebiasaan daripada hal lainnya. Membalikkan situasi melawan Levante dan Sevilla, lalu ini."

"Kemenangan tadi penting. Madrid bermain lebih baik di paruh pertama, tapi kami mengambil keuntungan dari celah di babak kedua untuk memenangi laga. Ini cara yang hebat untuk mencapai final. Menang di sini (Santiago Bernabeu) dan mencapai final selalu memunculkan kebahagiaan," terang Pique.

Andai Barcelona kembali menjadi juara Copa del Rey musim ini, maka mereka akan mengukir rekor sebagai satu-satunya tim yang memenanginya lima kali beruntun.

Athletic Club Bilbao, Sevilla, dan Deportivo Alaves menjadi korban Barcelona di empat final Copa del Rey. Musim ini, Lionel Messi dkk berpotensi bertanding melawan Valencia atau Real Betis.