BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi membuka kejuaraan dunia esport IESF World Esports Championship (WEC) 2022 di Merusaka, Nusa Dua, Bali, Jumat (2/12).

Menpora mengapresiasi hasil kerja keras Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) mampu menyelenggarakan ajang internasional yang dihadiri oleh 105 negara dengan sekitar 700 atlet.

"Ini tidak mudah tapi bisa dilakukan Pengurus Besar Esport Indonesia dengan baik. Lompatan besar dalam visinya sebagai kekuatan terdepan di Asia, bahkan dunia. Semoga perhelatan ini menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esport untuk bangsa dan negara," ujar Menpora Amali.

(Foto: Fayon Fitrianto)

Dalam kesempatan tersebut Menpora Amali juga berpesan kepada atlet untuk bertanding secara sportif.

"Tunjukkan sportivitas, mempererat persahabatan dengan negara-negara di dunia, dan jadikan Anda semua membanggakan," kata Menpora Amali.

IESF WEC 2022, yang akan berlangsung hingga 11 Desember 2022, mempertandingkan enam jenis game yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO. Khusus untuk CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female.

Kejuaraan dunia esport tersebut dibarengi dengan Indonesia Esport Summit 2022, yang rencananya menjadi ajang tahunan PB ESI, bagi penggerak industri esport untuk memamerkan produk mereka, mulai dari game lokal hingga brand teknologi.