Menpora Bakal Komunikasi dengan Kapolri soal Izin Lanjutan Liga 1

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 19 November 2022
Menpora Bakal Komunikasi dengan Kapolri soal Izin Lanjutan Liga 1
Suasana saat Menpora Zainudin Amali menerima kunjungan PT LIB dan PSSI di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (18/11). (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, menerima kunjungan Direksi dan Komisaris PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) beserta PSSI di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (18/11).

Dalam pertemuan ini Menpora bersama PT LIB dan PSSI membahas rencana kelanjutan kompetisi Liga 1 pasca Tragedi Kanjuruhan. PT LIB dan PSSI berharap kompetisi bisa dilanjutkan paling lambat mulai 2 Desember 2022.

"Saya mendapatkan beberapa informasi yang disampaikan oleh PSSI dan LIB. Mereka dua hari yang lalu menyampaikan kepada Sekjen PSSI, Yunus Nusi ingin bertemu dengan saya untuk audiensi, menyampaikan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa LIB, dan juga ada keinginan untuk menyampaikan kepada pemerintah untuk melanjutkan kompetisi," kata Menpora Amali.

Amali mengatakan pemerintah memahami pentingnya kompetisi kembali bergulir. Sebab, hanya melalui kompetisi, tim nasional bisa mendapatkan pemain-pemain terbaik.

Apalagi pada tahun depan (2023), Timnas Indonesia Senior akan mengikuti Piala Asia dan Timnas Indonesia U-20 bakal mentas di Piala Dunia U-20 yang berlangsung Tanah Air. Dua kejuaraan itu dinilai sangat penting.

Baca Juga:

PT LIB Beraudiensi dengan Menpora soal Lanjutan Liga 1 2022/2023

Jadwal Liga 1 Akan Jadi Lebih Padat, Pelatih Persib Luis Milla Tak Masalah

"Nah, pemerintah mendengarkan apa yang disampaikan oleh teman-teman dari PSSI dan LIB. Salah satu hal yang mendasar buat kita, kompetisi ini sekarang dibutuhkan untuk persiapan tim nasional Indonesia. Kita tahu bahwa tahun depan kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, kemudian ada juga Piala Asia 2023, kemudian juga ada FIFA Matchday yang kita punya kepentingan terhadap peningkatan peringkat kita di FIFA," tutur Menpora Amali.

Dengan pertimbangan tersebut, kata Menpora Amali, dirinya akan berkomunikasi dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Menteri asal Gorontalo itu berharap Kapolri mau memberikan izin terhadap lanjutan Liga 1 yang sedang dihentikan sejak 2 Oktober 2022.

"Oleh karena itu hasil dari diskusi ini akan saya diskusikan dengan bapak Kapolri karena pihak Polri yang punya kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian, dan kita berharap tim nasional kita semakin siap. Jadi mohon doa dan dukungannya teman-teman, kita akan segera mengusahakan bagaimana kompetisi ini bisa berjalan kembali tentu dengan perubahan yang mendasar," ucapnya.

"Dengan transformasi yang dilakukan oleh PSSI dan pemerintah, juga dari pihak Polri, mudah-mudahan semakin baik pengelolaan kompetisi kita dan pembinaan sepak bola kita secara umum," imbuhnya.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Pssi Menpora Zainudin Amali Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.263

Bagikan