Menpora dan Gubernur DKI Jakarta Resmikan Equinara Pulomas

Hendry WibowoHendry Wibowo - Sabtu, 14 Desember 2019
Menpora dan Gubernur DKI Jakarta Resmikan Equinara Pulomas
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Menandatangani Prasasti Equinara Academy Pulomas dan Equinara Pulomas Breeding Centre (Istimewa)

BolaSkor.com - Indonesia sekali lagi memiliki fasilitas olahraga kelas dunia. Adalah Equinara Academy Pulomas (Sekolah Berkuda Standar Internasional) dan Equinara Pulomas Breeding Centre (Pusat Pengembangbiakan Kuda).

Dua fasilitas ini bahkan telah diresmikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Pulomas, Jakarta, Sabtu (14/12).

Equinara Academy Pulomas adalah pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi.

Baca Juga:

Dalam Naungan Equinara, Olahraga Equestrian Tak Akan Terbengkalai

Ivana Santosa Berpeluang Kembali Wakili Indonesia di Asian Equestrian Federation

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Resmikan Equinara Pulomas (Istimewa)

Dengan menggunakan kurikulum berstandar international, Equinara Academy membagi peserta didik secara berjenjang mulai dari kelas Beginner, Development Squad, Performance Squad, hingga Elite Squad.

Saat ini, Equinara Academy memiliki 6 Trainer yang berpengalaman di mana di antaranya adalah atlet Equestrian Nasional yang sering mengharumkan nama bangsa pada multievent internasional, seperti Ferry Wahyu Hadiyanto, Yanyan Hadiansah, dan Andri Sutoyo.

Sementaara Equinara Pulomas Breeding Centre adalah pengembangbiakan kuda ras warmblood pertama di Indonesia yang terdaftar di organisasi peternakan dunia, World Breeding for Sport Horse (WBSFH).

Didukung para dokter hewan yang berpengalaman dalam reproduksi kuda, Indonesia akan mempunyai kuda-kuda premium khusus untuk olahraga Equestrian dengan lisensi resmi yang diakui dunia.

"Dengan menggunakan kurikulum berstandar international, Equinara Academy akan menjadi pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi di berbagai Multievent," CEO Equinara, Adinda Yuanita menuturkan.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku bangga bahwa kota yang ia pimpin memiliki fasilitas breeding kuda kelas dunia. Ke depannya, ia berharap banyak kuda potensial akan lahir dari tempat ini dan bisa bersaing di level internasional.

"Concern kami setelah Asian Games 2018 adalah bagaimana bisa membuat fasilitas kelas dunia seperti ini. Alhamdulillah hari ini, Equinara diresmikan sebagai tempat untuk breeding kuda kelas dunia," ujar Anies.

Adapun fasilitas lengkap di Equinara breeding centre, di antaranya: Ultrasonografi (USG) untuk memeriksa kondisi saluran reproduksi kuda betina.

Kemudian Inseminasi buatan atau kawin suntik pada kuda yang memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah efisiensi waktu dan tenaga.*

Breaking News Equestrian Equestrian indonesia
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan