Menpora Dito Ariotedjo Bertekad Selamatkan Ajang AWBG di Bali

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 06 April 2023
Menpora Dito Ariotedjo Bertekad Selamatkan Ajang AWBG di Bali
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bertekad untuk menyelamatkan ajang ANOC World Beach Games (AWBG) di Bali yang berlangsung pada 5-12 Agustus mendatang.

Menpora Dito tidak mau Indonesia kembali gagal untuk menggelar kejuaraan internasional setelah sebelumnya FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air.

Kebetulan polemik yang terjadi pada AWBG dan Piala Dunia U-20 sama, yakni terkait partisipasi Israel. Menpora Dito akan berusaha mencari jalan keluar terbaik.

"Sementara solusi (dari kita) adalah komunikasi lebih intensif. Kita akan usahakan yang sudah dikomitmen sejak awal," kata Menpora Dito saat ditemui di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis (6/4).

Menpora Dito mengatakan dirinya akan menemui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk membahas permasalahan ini.

Sebab, alasan Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kehadiran atlet Israel adalah alasan konstitusi. Dasar hukum yang dipakai Koster adalah Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah.

Dalam Permenlu Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah, dijelaskan, bahwa pemerintah Indonesia secara resmi tidak memiliki hubungan dalam setiap tingkatan dengan Israel, termasuk dalam surat menyurat dengan menggunakan kop resmi.

"Saya juga baru lihat di media (Bali menolak). Jadi komunikasi terkait World Beach Games ini akan terus intens dilanjutkan," ujar Menpora Dito.

"Yang pastinya saya akan secara resmi akan bicara ke Bu Menlu (Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi) untuk hal ini."

"Saya ingin mendapatkan bahan lebih lengkap. Nanti bahan itu yang akan saya diskusikan dengan Gubernur Bali," pungkasnya.

NOC Awbg Dito Ariotedjo Menpora Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.285

Bagikan