BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, tak mau ikut campur dalam urusan latihan perdana Timnas Indonesia U-19/U-20 dan Senior yang tak kunjung dimulai dalam pemusatan latihan (TC).

Latihan perdana dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 dan Senior ditunda sebanyak dua kali. Pertama, latihan direncanakan pada Sabtu (25/7), namun ditunda sampai Sabtu (1/8).

Sampai akhirnya latihan kembali ditunda karena menunggu hasil tes swab ketiga keluar. Sedangkan hasil tes rapid dan swab pertama serta kedua negatif Virus Corona (COVID-19).

"Kami enggak ikut campur, karena dari awal pembagian tugasnya sudah jelas," ujar Zainudin Amali kepada wartawan, Senin (3/8)

"Menpora mengurus penyelenggaraan, Timnas Indonesia adalah urusan federasi, penanggung jawabnya Ketua Umum PSSI," tambahnya.

Baca Juga:

PSSI Berharap Hasil Tes Swab Ketiga Bisa Keluar Malam Ini

Wawancara Eksklusif Sutan Zico: Legenda Argentina dan Brasil hingga Piala Dunia U-20 bersama Timnas U-19

PSSI berharap hasil tes swab pemain dan ofisial Timnas Indonesia U-19/U-20 dan Senior bisa keluar Senin (3/8) malam WIB. Beredar kabar ada tiga pemain Timnas Indonesia U-19 dan Senior ang reaktif COVID-19, sehingga latihan perdana harus ditunda sebanyak dua kali. Namun kabar tersebut sudah dibantah oleh PSSI.

"Hasil swab test dari 100 orang belum keluar. Diharapkan keluar pada malam ini. Sebanyak 100 orang itu termasuk skuat Timnas Indonesia senior, U-19, staf pelatih, dan ofisial tim," kata Head Media PSSI, Eko Rahmawanto, kepada wartawan.

Timnas Indonesia U-19 dan Senior sedang menjalani TC di Jakarta dari tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus 2020. Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk Timnas Indonesia Senior, dan 46 penggawa bagi Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, melawan Thailand (8/10), Uni Emirat Arab (13/10), dan Vietnam (12/11).

Sedangkan Timnas Indonesia U-19 akan mengikuti Piala Asia U-19 2020 pada 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.