BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, berharap ada peningkatan prestasi Timnas Indonesia U-23 di cabang sepak bola SEA Games 2021. Baginya medali emas harus bisa dipenuhi pasukan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 sebelumnya hanya meraih medali perak di SEA Games 2019 yang digelar di Filipina. Skuat Garuda Muda harus puas berstatus runner-up setelah takluk 0-3 dari raksasa baru Asia Tenggara Vietnam dalam laga final.

Mimpi Indonesia meraih medali emas di cabang sepak bola SEA Games pun kembali lenyap. Medali emas terakhir didapatkan pada SEA Games 1991.

Baca Juga:

Timnas Thailand Dimaklumi Tanpa Skuat Terbaik di SEA Games dan Piala AFF

Pertahankan Medali Emas SEA Games, Timnas Putri Vietnam Mulai Digeber

"Dari saya ada target, peningkatan dari SEA Games yang lalu. Harus diupayakan meraih medali emas," kata Zainudin Amali, Rabu (13/1).

"Kami sedang menghitung untuk mencapai arahan saya itu. Untuk sekarang masih dalam tahap komunikasi," jelas Zainudin Amali.

Vietnam diperkirakan menjadi hadangan terkuat. Skuat Golden Dragon cukup serius mempersiapkan diri karena dua hal.

Vietnam ingin mempertahankan status juara. Terlebih SEA Games pada 21 November hingga 2 Desember 2021, akan digelar di tanah sendiri.

Sementara itu, Thailand tidak menampilkan komposisi terbaiknya. Adapun Malaysia hanya akan menurunkan timnas U-19.

"Kemenpora membuat kalkulasi dari yang dipertandingkan. Kami melihat mana yang punya potensi. Kami belum bisa bicara cabor per cabor," jelasnya.