BolaSkor.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berjanji bakal memberikan bonus kepada peraih medali emas Kejuaraan Dunia Atletik U-20, Lalu Muhammad Zohri, yang keluar sebagai pelari tercepat pada nomor 100 meter putra.

Turun pada nomor lari 100 meter, Zohri merebut medali emas setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 10,18 detik. Pelari berusia 18 tahun itu mengungguli Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencetak waktu 10,22 detik.

Perjalanan Zohri yang tidak mudah ke Finlandia membuat Menpora terenyuh. Bahkan, Zohri sempat kesulitan mencari bendera Merah Putih saat ingin merayakan kemenangan.

"Saya merinding melihat Zohri seorang yatim yang berasal dari kampung banget di Lombok, Nusa Tenggara Barat sana tetapi karena ketekunannya dia di rekrut PPLP (Pusat Pendidikan Pelatihan Pelajar) NTB yang dibiayai Kemenpora," ucap Imam dikutip dari situs resmi Kemenpora, Kamis (12/7).

"Yang paling bersejarah adalah bahwa Zohri menjadi pelari tercepat dunia yang dimiliki Indonesia saat ini, itu yang perlu disyukuri," sambungnya.

Menpora juga berjanji bakal memberikan apresiasi kepada Zohri. Imam berharap hadiah bisa semakin memotivasi Zohri untuk meraih prestasi lebih di dunia atletik.

"Kami akan jemput nanti di bandara dan kami juga siapkan bonus paling tidak bonus beasiswa, kita sadar betul bahwa Zohri perlu kehadiran pemerintah," janji Menpora.