BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, meminta semua pihak mengawasi penggunaan dana untuk cabor-cabor Olimpiade. Zainudin tidak ingin ada dana yang sampai diselewengkan.

Kemenpora menandatangani MoU dengan tiga cabor terkair dana pelatnas pada Selasa (11/2). Ketiga cabor tersebut adalah bulu tangkis, angkat besi, dan voli.

Total dana yang diberikan kepada ketiga cabor tersebut adalah Rp 31,913 miliar. Dari jumlah tersebut, rinciannya adalah Rp 18,618 miliar untuk PBSI (bulu tangkis), Rp 10,008 miliar untuk PABBSI (angkat besi), dan Rp 3,287 miliar untuk PBVSI (voli).

Setelah memberikan dana untuk ketiga cabor tersebut, Menpora mengimbau agar penggunaanya tetap diawasi. Apalagi dana tersebut keluar dari uang negara sehingga Zainudin Amali berharap tidak ada penyelewengan.

Baca Juga:

Kemenpora dan Tiga Cabor Olimpiade Tanda Tangani MoU Terkait Dana Pelatnas

Panitia Formula E Diminta Tiru PSSI

“Kepada cabor kami ingatkan penggunannya sesuai untuk MoU. Ada beberapa kejadian yang lalu penggunaanya berbeda dengan MoU dan itu jadi masalah,” tegas Zainudin Amali.

“Bahkan oleh BPK diminta untuk clear karena ini menyangkut uang negara. Sejak saya menjabat, saya sampaikan tidak boleh ada satu rupiah pun uang negara yg diselewengkan, baik di Kemenpora maupun cabor.”

“Maka kami minta kepada KONI dan NOC untuk awasi penggunaannya. Yang disalahkan oleh BPK siapa (jika terjadi masalah)? Ya Kemenpora. Kami tidak mau itu terjadi,” lanjutnya.

Pada acara yang sama, Zainudin Amali mengungkapkan alasan memilih ketiga cabor tersebut. Rupanya keputusan tersebut diambil karena ketiganya sudah melengkapi administrasi yang diminta.