Menpora Nilai Ketum PB Wushu Pantas Dapat Doktor Honoris Pendidikan Olahraga

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 24 Desember 2020
Menpora Nilai Ketum PB Wushu Pantas Dapat Doktor Honoris Pendidikan Olahraga
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali, memberi apresiasi kepada Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, yang dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa Pendidikan Olahraga Pascasarjana dalam Bidang Manajemen Olahraga oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Auditorium UNNES, Semarang, Rabu (23/12).

Zainudin Amali mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada Airlangga Hartarto. Menurutnya gelar yang diberikan ini sangat tepat, karena PB WI dibawah kepemimpinan Airlangga Hartarto sejak tahun 2017 telah memberikan prestasi yang luar biasa untuk Indonesia.

"Selamat sebelumnya saya ucapkan kepada Bapak Airlangga Hartarto yang sudah mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa Pendidikan Olahraga Pascasarjana dalam Bidang Manajemen Olahraga oleh Universitas Negeri Semarang. Saya juga mengapresiasi, selama menjadi Ketua Umum PBWI, banyak sudah prestasi yang sudah ditorehkan atlet wushu Indonesia di kanca Asia ataupun dunia. Ini tidaklah gampang, tapi dengan kepemimpinan beliau, wushu berhasil berprestasi luar biasa," kata Zainudin Amali dalam rilisnya.

Zainudin Amali menyampaikan, Airlangga Hartarto juga memiliki inovasi dalam mengembangkan olahraga wushu. Hasilnya, wushu menjadi cabang olahraga yang digemari masyarakat dan menjadi andalan Indonesia dalam meraih prestasi internasional.

"Selain kepemimpinan yang humanis, menurut saya Pak Airlangga bisa menerapkan tata kelola organisasi yang baik dalam PB WI. Sebab saya yakin, dengan tata kelola manajemen yang baik, makan akan melahirkan prestasi yang baik juga," tambah Zainudin Amali.

Baca Juga:

Sikap Menpora terkait Isu Mahar Jadi Manajer Timnas U-19

Menpora Bakal Vaksinasi Virus Corona ke Atlet dan Pelatih

Ketum PB WI, Airlangga Hartarto, mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum, tim promotor dan civitas UNNES yang telah menganugerahkan gelar doktor honoris causa kepada dirinya.

"Saya bersyukur atas amanah gelar doktor honoris causa ini. Saya ucapkan terimakasih kepada Rektor UNNES, tim promotor dan civitas UNNES," katanya.

Airlangga mengatakan, gaya kepemiminan dan tata kelola serta kinerja organisasi memiliki peran penting dalam menuju kemajuan serta prestasi. Tata kelola (good governance) di bidang olahraga melibatkan berbagai pihak seperti badan Pemerintah, badan pengatur olahraga nasional, internasional dan federasi olahraga.

"Saya harapkan dengan implementasi good governance dalam bidang olahraga diharapkan dapat menekan dan menjadi solusi atas permasalahan seperti korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, pelanggaran peraturan, keterlibatan politik yang berlaku di dalam organisasi," ucapnya.

Dua karya ilmiah yang disusun Airlangga Hartarto mengenai kepemimpinan humanistik. Pertama berjudul Is Humanistic Leadership Suitable for Sport Organization: a Literature Review. Kedua, Peran Kepemimpinan Humanis dalam Peningkatan Good Governance dalam Organisasi Olahraga: Sebuah Kajian.

"Bapak Ir Airlangga Hartarto memiliki keunikan kepemimpinan dalam organisasi olahraga wushu Indonesia. Melalui Kepemimpinan humanistik beliau, prestasi-prestasi international wushu diraih dengan gemilang," ujar Rektor UNNES, Fathur Rokhman.

Wushu Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Breaking News Airlangga Hartanto
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan