Menpora Sebut Jaminan 4 Menteri dan Lobi Pemerintah sebagai Kunci Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 25 Oktober 2019
Menpora Sebut Jaminan 4 Menteri dan Lobi Pemerintah sebagai Kunci Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (BolaSkor.com/Grafis)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, menyebut kunci sukses Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Salah satunya ada jaminan dari 4 menteri dan lobi pemerintah.

Ia pun menceritakan proses awal setelah PSSI mengajukan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, yang kemudian menghadap Pemerintah Republik Indonesia.

"Malam ini (semalam) secara resmi pemerintah akan menyampaikan bahwa sesuai dengan preskon saya dengan ibu Sekjen (Sekretaris Jenderal) PSSI (Ratu Tisha Destria), kita telah ditetapkan oleh FIFA menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 yang akan datang. Itu inti yg akan disampaikan pemerintah. Temen-teman media harus tahu awalnya bagaimana," kata Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Kamis (24/10).

"Awalnya ini dari surat Menpora (sebelumnya, Imam Nahrawi) 9 Juli 2019 bahwa kita ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Dari surat itu kemudian bapak Presiden merespons apa yang diminta oleh Kemenpora, dan pak Presiden langsung merespons dengan menyampaikan surat pada FIFA pada 7 Agustus 2019. Dilampirkan dengan surat seperti jaminan, dari 4 menteri dan kapolri, Menteri Tenaga Kerja, Menkumham (Menteri Hukum dan HAM), Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Menteri Keuangan," ungkap Zainudin.

Baca Juga:

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Bagas Kaffa Sebut Target Empat Besar Piala Asia U-19 Tak Berubah

Piala Dunia U-20 2021 Jadi Panggung Timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini

"Kemudian ditindaklanjuti Pemerintah mengutus Erick Thohir. Beliau mempresentasi Pemerintah untuk melobi ke FIFA dan beberapa negara. Kemudian baru disiapkan ke PSSI. Karena kita bersaing dengan negara-negara mapan sepak bola seperti Peru dan Brasil. Sebelumnya ada tiga negara Timur-Tengah, Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA). Luar biasa berat ya kalau liat saingan ini. Kalau dari tradisi sepak bola juga sudah sangat mapan Peru dan Brasil. Untungnya dengan lobi-lobi Pemerintah. Paling penting diketahui, yang paling menentukan adalah jaminan dari pemerintah itulah mengapa kita yang dipilih menjadi tuan rumah," tambahnya.

Induk Sepak Bola Dunia, FIFA, baru saja menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Penunjukkan ini terjadi di FIFA Council Meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10).

Indonesia mengalahkan Peru dan Brasil. Dalam acara tersebut, PSSI diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria.

Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Piala dunia u-20 Pssi Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.995

Bagikan