BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali, mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merasa senang Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia.

Hal ini dikatakan Zainudin Amali ketika melihat seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-19/U-20 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Senin (13/1). Dalam kesempatan itu, Zainudin Amali didampingi Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan beserta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ratu Tisha Destria.

"Beliau senang karena Shin Tae-yong ini kan Korea (Selatan) jadi masih budaya-budaya Asia-lah. Jadi masih sesuai dengan kita (Indonesia). Setiap perkembangan, baik Timnas maupun persiapan penyelenggaraan, saya secara reguler laporkan ke Presiden. Hari ini pun lapor. Saya lapor ke pak Presiden, tanggal 13 (Januari) akan dilakukan pemanggilan (pemain Timnas Indonesia U-19/U-20) dan Shin Tae-yong akan membantu. Beliau sangat terinformasikan dengan persiapan kita untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Zainudin Amali.

"Kalau saya, kesan pertama bagus, sesuai ekspektasi. Saya kira keputusan PSSI memilih Shin Tae-yong tepat. Menurut saya sepintas latihan awal bagus," tambahnya.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Komentari Lapangan Stadion Wibawa Mukti yang Kurang Bagus

Ketum PSSI Berterima Kasih atas Dukungan Pemerintah kepada Timnas Indonesia U-19

Shin Tae-yong menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia dengan kontrak 4 tahun. Ia menjadi supervisi seluruh Timnas Indonesia, dari Senior, U-23, U-19/U-20, dan U-16.

Setiap Timnas Indonesia level junior mempunyai pelatih kepala. Timnas Indonesia U-23 ada Indra Sjafri, Gong Oh-kyun di Timnas Indonesia U-19/U-20, dan Bima Sakti tetap tangani Timnas Indonesia U-16. Untuk Indra Sjafri, pelatih asal Sumatera Barat itu juga jadi asisten pelatih Timnas Indonesia Senior.

Mereka dibantu Nova Arianto sebagai asisten pelatih di Timnas Indonesia U-19.U-20. Lalu Kim Hae-woon jadi pelatih kiper (Senior, U-23, dan Timnas Indonesia U-19/U-20), dan asisten di Timnas Indonesia Senior. Kemudian dibantu pelatih fisik di seluruh level Timnas Indonesia yakni Lee Jae-hong.

Sementara itu, para asisten pelatih Timnas Indonesia U-16 tidak diubah, masih Firmansyah dan Indriyanto Nugroho. Begitupun pelatih kiper Timnas Indonesia U-16 masih Markus Horison.