BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyebutkan tantangan terberatnya dalam menerapkan aturan new normal di Indonesia. Menurut Zainudin mendisiplinkan penonton adalah yang paling sulit.

Menpora bersama KONI Pusat, NOC, dan FORMI berkumpul merumuskan kegiatan olahraga pasca pandemi virus corona. Hasil rapat tersebut bakal disosialisasikan dengan pemerintah pusat.

Amali menyebutkan tantangan yang diterima pihaknya dalam menerapkan new normal di Indonesia. Menurut sang menteri, tak ada yang bisa menjamin kedisiplinan penonton.

Baca Juga:

Menpora Tunggu Gugus Tugas Soal Atlet Keluar-Masuk, Bagaimana Nasib Indonesia Open 2020?

BWF Tunda Kejuaraan Dunia Junior hingga 2021

"Kami bisa mengatur penyelenggara untuk melakukan pembatasan. Demikian juga pemain, pelatih, dan panitia pelaksana. Tetapi kalau sudah melibatkan penonton, siapa yang bisa menjamin," kata Amali.

"Hal-hal seperti ini kami sangat hati-hati mengaturnya. Jadi mohon bersabar terlebih dulu, pasti kami akan mengeluarkan produk protokolnya."

"Kami menunggu dari gugus tugas dan akan terperinci. Kami tiak mau memberikan secara global lalu diterjemahkan masing-masing oleh setiap cabang olahraga," tambahnya.

Oleh sebab itu, Amali meminta NOC untuk mencari tahu mengenai kebijakan di negara lain, terutama Asia Tenggara. Kemudian kebijakan itu bakal diimplementasikan di Indonesia.