Menpora Siap Bantu 'Naturalisasi' 4 Pemain Keturunan Permintaan Shin Tae-yong, Asalkan...

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 18 November 2021
Menpora Siap Bantu 'Naturalisasi' 4 Pemain Keturunan Permintaan Shin Tae-yong, Asalkan...
Menpora Zainudin Amali (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, siap membantu proses kepindahan kewarganegaraan empat pemain keturunan yang diinginkan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Namun, Zainudin Amali memberikan syarat.

Syaratnya, keempat pemain itu benar-benar memiliki keturunan Indonesia. Tidak ada kepentingan lain, selain Timnas Indonesia. Alias kepentingan klub.

Sebelumnya, Shin Tae-yong meminta kepada PSSI agar memproses empat pemain keturunan Indonesia untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dua nama bocor ke publik, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Namun, dua nama lainnya ditenggarai adalah Mess Hilgers dan Kevin Diks.

Keempatnya diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Untuk itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan meminta bantuan Pemerintah Republik Indonesia terkait hal ini, agar keempatnya cepat menjadi WNI.

Baca Juga:

PSSI Jelaskan Alasan Shin Tae-yong Butuh Pemain Keturunan di Timnas

Shin Tae-yong Ajukan 4 Pemain Keturunan, Termasuk Sandy Walsh dan Jordi Amat

"Saya belum mendapatkan pengajuan itu dari PSSI. Soal pemain keturunan, itu lebih jelas karena punya darah Indonesia ketimbang menaturalisasi pemain yang tidak ada kaitannya sama sekali. Yang penting, pemain itu memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia," jelas Zainudin Amali, dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11).

Zainudin Amali pun menyinggung kasus naturalisasi yang tak bisa membuktikan keturunan Indonesia. Namun, ia enggan menyebut nama pemain. Akan tetapi, ia tak ingin hal ini bisa terjadi lagi.

"Sekarang syaratnya pemain harus punya keturunan, lalu ditelusuri dan diminta pembuktiannya. Jangan sampai kejadian seperti kemarin. Jangan sampai kejadian ini terulang lagi. Kami itu dulu menganggap kami terima sudah lengkap. Sekarang beda ceritanya, saya perketat!" ujar Zainudin Amali.

"Kalau dia punya keturunan, buktikan keturunan dari mana. Apakah orang tuanya, atau kakek dan neneknya. Saya akan minta itu sehingga tidak menyulitkan kami. Dengan begitu, akan lebih mudah dan prosesnya bakal saya percepat jika itu menjadi kebutuhan PSSI," pungkasnya.

Mess Hilgers Timnas Indonesia Kevin Diks Jordi Amat Sandy Walsh Shin Tae-yong Pssi Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Breaking News Mochamad Iriawan
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.995

Bagikan