BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, sudah menyiapkan dua skenario terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Kemungkinan, ajang empat tahunan tersebut batal dihelat cukup besar.

Beberapa event olahraga di Indonesia sjeauh ini banyak yang mengalami penundaan akibat pandemi virus corona. Bahkan, Proliga 2020 sudah memutuskan mengakhir musim tanpa pemenang.

Sementara Indonesia Basketball League (IBL), Liga 1, dan Liga 2 masih berstatus penghentian sementara. Semua event ditunda hingga ada pengumuman pemerintah mengenai status darurat virus corona.

Baca Juga:

Akibat Virus Corona, Tak Ada Juara Proliga 2020

Antisipasi Virus Corona, Proliga 2020 Dihentikan Sementara

“Kami tetap siap dengan dua skenario. Pertama, jika perkiraan Mei ini virus corona mereda maka PON jalan. Tetapi jika melewati Mei ini masih ada dan semakin banyak maka harus ada alternatif untuk memikirkan cara lain," kata Amali.

“Kemarin waktu teleconference Rapat Terbatas, Presiden meminta untuk menyiapkan skenario, tapi beliau tetap optimistis Oktober bisa jalan," sambungnya.

Namun, kemungkinan PON dibatalkan juga cukup besar. Pemerintah turut menanti kabar mengenai Olimpiade Tokyo 2020 apakah tetap lanjut atau tidak.

“Tapi jika Olimpiade saja dibatalkan yang waktunya berdekatan dengan PON. Kemungkinan besar kami akan mengambil langkan yang sama. Ya kita tunggu saja Mei ini," ujar Amali.