BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, berencana mengundang PSSI dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk memproses perpindahan kewarganegaraan para pemain keturunan.

Ada empat pemain keturunan yang diminta Shin Tae-yong untuk segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), demi membela Timnas Indonesia. Keempat pemain itu adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Dua nama terdepan dokumennya sudah lengkap dan sudah diberikan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dua nama lainnya bakal memenuhi dokumen administrasi pada Februari ini.

Baca Juga:

Profil Cyrus Margono: Kiper Panathinaikos yang Ngebet Bela Timnas Indonesia

Jayden Oosterwolde, Pemain Keturunan yang Tolak Timnas Indonesia Kini Bermain di Parma

"Saya sekarang tidak mau sembarangan (menaturalisasi pemain). Harus hati-hati betul. Harus tanya apa manfaatnya untuk sepak bola Indonesia jangka panjang. Kemudian kenapa (nama-nama) ini yang dipilih," kata Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jumat (4/2) kemarin.

Zainudin Amali menuturkan alasannya ini dilatarbelakangi kegagalan naturalisasi pada masa lalu. Nama-nama seperti Toni Cussel, Jhonny van Beukering, hingga Ruben Wuarbanaran jadi contohnya.

"Banyak yang naturalisasinya tidak maksimal, akhirnya kontribusi ke tim nasional tidak ada," ujar Zainudin Amali.

"Ini upaya jangka pendek. Jangka panjangnya tetap pembinaan. Saya tanya (Shin Tae-yong), ada harapan enggak (pemain muda Indonesia), dia bilang talenta sudah bagus, tetapi memang harus disiapkan sejak dini," tambahnya.