Menpora Zainudin Amali Berikan Atensi Khusus untuk GBLA yang Menjadi Markas Persib

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 23 Juli 2022
Menpora Zainudin Amali Berikan Atensi Khusus untuk GBLA yang Menjadi Markas Persib
Menpora Zainudin Amali Kunjungi Stadion GBLA (Bolaskor.com / Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan atensi khusus kepada Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Ini dibuktikan dengan kehadirannya di Stadion milik pemerintah Kota Bandung itu.

Menpora, Zainudin Amali datang dengan ditemani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana serta perwakilan Persib yakni Umuh Muchtar dan Teddy Tjahjono.

Menpora Zainudin Amali membenarkan kehadirannya ke Bandung ini hanya untuk melihat Stadion GBLA. Sebab Stadion ini akan digunakan Persib selama mengarungi Liga 1 2022/2023.

"Saya datang ke Bandung khusus untuk melihat Stadion yang akan digunakan sebagai homebase Persib dan dan akan juga digunakan untuk pertandingan-pertandingan kompetisi Liga 1 musim kompetisi 2022 sampai 2023. Khusus untuk GBLA, tentu kami harus bisa memastikan, pertama tentang kelayakan secara teknis, yang kedua adalah kenyamanan dan ketiga adalah pengamanannya," kata Menpora Zainudin Amali di Stadion GBLA, Jumat (22/7).

Baca Juga:

Daftar Homebase 18 Klub Liga 1 2022/2023

Tampil Tanpa Fortes, PSIS Siap Bidik Tiga Poin Lawan Rans Nusantara

Menpora pun mengaku sudah mendapatkan penjelasan dari Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengenai penugasan di wilayahnya. Lalu, ia juga sudah berkeliling di GBLA serta bagaimana mekanisme Persib dalam menggelar laga kandangnya.

"Dan ini juga adalah salah satu hal yang kami bicarakan pada saat rapat koordinasi yang saya pimpin di Jakarta yang dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Dirut LIB kemudian dari Mabes Polri, kemudian dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid, berbagai hal kita diskusikan khusus untuk pertandingan yang dilakukan di Bandung. Kita punya atensi secara khusus maka untuk memastikan itu saya datang," bebernya.

Menpora menilai Stadion GBLA sudah cukup memadai untuk bisa digunakan di Liga 1 2022/2023. Karena itu diperlukan dukungan, baik dari pemerintah pusat serta pemerintah Kota.

"Jadi, para suporter dan penonton untuk mematuhi semua yang nanti akan diterapkan oleh kepolisian dan juga oleh Panpel, karena hanya itu yang menjadi penguat GBLA ini diizinkan sebagai tempat untuk melakukan pertandingan. Jadi, GBLA layak untuk jadi tempat penyelenggaraan pertandingan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan membenarkan kehadiran Menpora ke GBLA ini sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi yang telah dilakukan di Jakarta beberapa waktu lalu. Tujuannya yakni hanya untuk memastikan kesiapan Stadion untuk bisa digunakan Persib di Liga 1 2022/2023.

"Harapan kami para pengelola, pertama mungkin ada problem yang harus diperbaiki sedikit-sedikit. Kedua, tentunya kepada suporter ketika Persib Bandung di mana ini suporter terbesar yang ada di Indonesia bahkan di negara Asia, kami berharap sesuai dengan apa yang disampaikan oleh manajemen dan federasi, oleh pemerintah yaitu yang akan datang ke sini harus yang sudah punya tiket," kata Mochamad Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini tak ingin kejadian yang menewaskan dua Bobotoh di laga Persib kontra Persebaya 17 Juni 2022 lalu kembali terulang. Sebab hal itu juga berimbas pada kegiatan lainnya, seperti Piala AFF U-19 2022 lalu.

"Kita juga berharap FIFA match day nanti, kalau nanti ini mungkin bisa berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin kami akan geser ke sini beberapa FIFA match day akan kita selenggarakan bulan September ke depan. Kepada Persib Bandung, terima kasih pak Kapolda yang atensinya luar biasa terus terima kasih kepada pemerintah Kotamadya."

"Yang jelas selain LOC kami ada yang bertanggung jawab dari LIB dan PSSI apalagi untuk GBLA yang kemarin baru kejadian, kita diskusikan harus bukan di sini saja, setiap stadion yang menjadi penyelenggara kompetisi, nanti ada dari PSSI dan LIB, nanti saya juga akan melihat ke sini," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Menpora Zainudin Amali Stadion GBLA Stadion Gelora Bandung Lautan Api Pssi Mochamad Iriawan
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan