BolaSkor.com - Surabaya Bhayangkara Samator benar-benar membuat kejutan pada final four putaran kedua Proliga 2018. Datang sebagai tim yang tak diunggulkan, Samator justru mengunci tiket grand final.

Mental bertanding Galih Bayu Saputra dan kawan-kawan patut diacungi jempol. Mereka mencatatkan dua kemenangan penting di Sritex Arena Solo.

Diawali keberhasilan mengalahkan Palembang Bank SumselBabel 3-1 (21-25, 25-18, 25-20 dan 25-21). Minggu (8/4), giliran Jakarta Pertamina Energi (JPE) dilibas. Sempat tertinggal 1-2, Bhayangkara Samator membalikkan keadaan dengan berbalik menang 3-2 (22-25, 25-21, 20-25, 35-33, 15-8).

Keberhasilan masuk final juga turut mengantarkan para pemainnya ke seleksi Timnas Indonesia. Ada Rendy Ferdiant Tamamilang, Galih Bayu Saputra, Yuda Mardiansyah, Mahfud Nurcahyadi, Nizar Julfikar Munawar dan Rivan Nurmulki yang masuk tahap seleksi di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, 23 April mendatang.

"Time-out saya ambil untuk memenangkan para pemain agar tetap dingin. Karena dalam situasi seperti ini, ketenangan sangat berperan penting," terang Pelatih Bhayangkara Samator, Isbarjah, Minggu (8/4).

"Saya hanya berikan motivasi ke anak-anak untuk tidak buat kesalahan dan pemain berhasil menjalankannya. Kami akan persiapkan dengan baik pertandingan ke final," lanjutnya.

Suporter menjadi salah satu faktor penting Bhayangkara Samator dalam meningkatkan semangat dan mental bertanding para pemain. Di Sritex Arena, Bhayangkara Samator menjadi salah satu tim yang mendapat dukungan dari para penonton.

"Semua berjalan dengan baik terutama mental pemain dan dukungan suporter yang membuat kami menang," jelas Manajer Bhayangkara Samator, Nanang Masbudi.

Kelebihan Bhayangkara Samator sudah diketahui Palembang Bank SumselBabel yang jadi lawan pada grand final di GOR Amongrogo, Minggu (15/4). Apalagi pada final four, skuat besutan Samsul Jais sudah merasakan mental bertanding anak-anak Bhayangkara Samator.

Aji Maulana diharapkan kembali menjadi pembeda. Pemain jebolan Vita Solo itu memberi peran penting saat timnya menang atas JPE 3-0 (25-23, 25-19 dan 25-16). Namun lebih dari itu, Palembang Bank SumselBabel juga dikenal sebagai tim yang bermain dengan penuh semangat, seperti Bhayangkara Samator.

"Kami sudah buktikan dengan motivasi yang beda, semangat yang meningkat, bisa mengalahkan Pertamina. Semoga motivasi dan semangat ini bisa terjaga sampai ke final," ucap Manajer Bank SumselBabel, Welsar Lubis. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)