Menuju FIBA Asia Cup 2022, Basket Indonesia Semakin Semarak

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 04 Januari 2022
Menuju FIBA Asia Cup 2022, Basket Indonesia Semakin Semarak

BolaSkor.com - Memasuki 2022, perhelatan basket di Indonesia bakal semakin ramai. Dalam waktu dekat, Indonesia Basketball Festival (IBF) akan hadir di lima kota yang memiliki sejarah dan ikon pariwisata istimewa.

IBF merupakan rangkaian dari Road to FIBA Asia Cup Indonesia 2022. Event ini merupakan kompetisi basket yang ditujukan sebagai pemanasan masyarakat menuju FIBA Asia Cup Indoenesia 2022.

Ada lima kota yang akan menggelar IBF yakni Timika, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan terakhir Jakarta. Ajang ini bakal dimulai pada 7 Januari hingga 26 Juni 2022.

Dari setiap kota, akan dicari pemenang dengan kategori usia 19-22 tahun untuk putra dan putri. Terdapat tiga series yang dihelat IBF, yakni regional series, regional champions, dan championship series.

“IBF 2022 hadir untuk memasyarakatkan bola basket di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih semarak menyambut FIBA Asia Cup Indonesia 2022 nanti,” ujar Ketua Pelaksana FIBA ASIA Cup Indonesia 2022 Junas Miradiarsyah.

“Adapun kehadiran IBF di beberapa kota diharapkan bisa membangkitkan kembali sektor pariwisata di sekitar, membangkitkan kembali ekonomi, serta mengajak masyarakat aktif bergerak kembali,” imbuhnya.

Baca Juga:

Mengawal Mimpi Dewa United Surabaya di 2022

IBL: Satu Kalimat Baim, untuk Raffi, Gading, Wijin, dan Jovi

Selain kompetisi basket, IBF juga menghadirkan kegiatan hiburan seperti bazar dan juga coaching clinic yang menghadirkan atlet profesional Indonesia. Event ini juga mendapat dukungan dari berbagai sektor seperti Bank Mandiri dan PT.Freeport Indonesia .

"Bank Mandiri sangat berkomitmen mendukung perkembangan bola basket nasional. Mulai dari pelaksanaan kompetisi IBL, 3X3, Liga Mahasiswa, Asia Cup, World Cup, Coaching Clinic serta yang tak kalah pentingnya adalah renovasi lapangan basket sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Bank Mandiri atas pengembangan olahraga basket di Tanah Air. Oleh karena itu, kami menyambut baik kegiatan festival basket di lima kota yang tak hanya akan makin mempopulerkan bola basket, tapi juga memperluas informasi akan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup tahun ini dan FIBA World Cup 2023," jelas Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha.

Ia menambahkan, kepercayaan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) kepada Indonesia untuk menggelar dua ajang bergengsi di level Asia dan dunia harus benar-benar dimanfaatkan. Selain untuk meningkatkan prestasi bola basket nasional ke tingkat yang lebih tinggi, juga untuk mempromosikan Indonesia melalui olahraga.

Executive Vice President External Affairs, Agung Laksamana, menyampaikan komitmen perusahaannya untuk ikut mendukung pengembangan olah raga di Papua. Pergelaran IBF di Timika akan diselenggarakan di Stadion Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun oleh Freeport Indonesia.

Stadion berstandar internasional ini memiliki fasilitas olah raga indoor dan outdoor, serta fasilitas pendukung lainnya. Stadion ini telah digunakan pada ajang PON XX Papua yang lalu.

“Keikutsertaan PT Freeport Indonesia dalam pelaksanaan Indonesia Basketball Festival (IBF) adalah untuk ikut memasyarakatkan basket di Indonesia, khususnya di Papua. Penyelenggaraan IBF di Timika merupakan bagian dari komitmen kami untuk ikut mendukung lahirnya talenta-talenta muda Papua di bidang olah raga basket, selain sepak bola dan atletik, yang dapat membawa harum Papua untuk Indonesia,” ujar Agung.

Breaking News Basket IBL FIBA FIBA Asia Cup 2021
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan